Home >> Wisata >> Kuliner >> Alasan Kenapa Ketupat Harus Digantung
kenapa ketupat harus digantung?

Alasan Kenapa Ketupat Harus Digantung

Beritalamongan.com – selain pakaian baru, hari raya idul fitri biasanya juga identik dengan panganan khasnya. Panganan apakah itu? Ketupat. Ya, ketupat merupakan salah satu makanan yang sering kali disajikan saat hari raya. Bahkan di dalam adat jawa ada hari raya yang di rayakan sebelum hari raya yang biasanya disebut dengan ‘riyoyo kupat’ atau ‘kupatan’.

Ketupat bisa dikatakan sebelas dua belas dengan lontong tetapi ketupat memiliki keistimewaan yang membuatnya berbeda. Kedua memang sama – sama dibuat dari beras bahkan cara memasaknya pun juga sama.

Perbedaan ketupat dan lontong yang pertama adalah pembungkusnya. Jika lontong bisa dibungkus dengan daun pisang atau pun plastic tidak demikian dengan ketupat. Ketupat dibungkus dengan daun kelapa muda atau biasa disebut janur yang dianyam.

Ketika janur telah selesai dianyam, mereka kemudian diikat menjadi satu di bagian ujungnya. Wadah yang terbuat dari janur itu kemudian diisi dengan beras lalu direbus dan jadilah ketupat. Rasa ketupat dan lontong tidak ada perbedaan. Dari segi tekstur ketupat biasanya lebih padat dari pada lontong. Hal tersebut karena dipengaruhi oleh dua factor yaitu jumlah beras yang dimasukan dan juga proses perebusan. Semakin banyak beras yang dimasukan ke dalam wadah ketupat maka tekstur ketupat akan semakin padat. Kemudian pada proses perebusan, wadah ketupat yang terbuat dari anyaman janur memiliki banyak celah yang memungkinkan proses perebusan atau pematanganya berbeda dengan proses perebusan atau pematangan lontong.

Terakhir, setelah matang ketupat biasanya digantung. Mungkin tidak banyak yang tahu atau bahkan luput dari pertanyaan kenapa ketupat harus digantung. Tetapi sebenarnya ada alasan kenapa ketupat harus digantung.

Menurut salah satu pakar kuliner William Wongso atau biasa dipanggil om Will, “alasan ketupat digantung adalah supaya ketupat tidak basah dan tidak lembab. Jika ketupat dalam keadaan basah atau lembab bisa memicu bakteri sehingga ketupat cepat basi.”

Jadi alasan kenapa ketupat harus digantung adalah agar daya tahan ketupat bisa menjadi lebih lama. Om Will menambahkan daya tahan ketupat bisa hingga dua atau tiga hari apabila dalam keadaan kering. Celah yang terbuka diantara anyaman janur membuat kondisi ketupat lebih kering dari pada lontong. Itulah kenapa ketupat lebih tahan lama dari pada lontong.

Leave a Reply