Home >> Wisata >> Info dan Tips >> Tips Wisata Murah

Tips Wisata Murah

Berwisata merupakan hal yang sangat wajib dilakukan pada saat – saat tertentu. Hal tersebut bertujuan untuk melepas penat setelah menjalani rutinitas sehari – hari dengan bekerja keras. Umumnya kegiatan wisata dilakukan ketika sedang libur dari pekerjaan dengan tujuan agar dapat menghilangkan stress. Banyak orang memanfaatkan waktu liburnya untuk melakukan kunjungan wisata ke daerah – daerah tertentu baik dekat ataupun jauh. Tentu melakukan wisata ke suatu daerah membutuhkan biaya yang cukup mahal. Namun jika kita dapat mensiasati bagaimana mendapatkan biaya yang sedikit lebih murah tentu akan membuat kita hemat ketika berlibur. Banyak cara yang dapat digunakan untuk melakukan kunjungan wisata dengan biaya yang relatif murah.

 

Ada beberapa tips wisata murah yang dapat kita jadikan panduan ketika hendak melakukan kunjungan wisata. Tips wisata tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Melakukan survey terhadap tempat tujuan

Tempat tujuan wisata tentu layak untuk disurvey terlebih dahulu. Hal tersebut dimaksudkan agar kita dapat mengetahui anggaran yang dibutuhkan untuk menuju ke tempat tersebut maupun estimasi waktu yang dibutuhkan. Survey tersebut dapat dilakukan dengan mencari informasi dari teman yang telah mengunjungi tempat tersebut, atau dari berbagai sumber lainnya.

  • Menentukan waktu yang tepat

Biasanya kebanyakan orang mengunjungi tempat wisata pada saat musim liburan. Oleh sebab itu tak heran jika pada saat seperti itu banyak terdapat antrean di berbagai tempat wisata ataupun jalanan menuju tempat wisata tersebut. Tentunya dengan antrean kendaraan yang terjadi sangat merugikan, selain membuang banyak uang, juga membuang waktu. Senada dengan hal tersebut, berwisata pada saat musim liburan tentu akan menyita banyak uang karena harga tiket ataupun berbagai fasilitas di tempat wisata menjadi lebih mahal dari biasanya. Untuk mengantisipasinya, kita dapat menentukan waktu yang tepat untuk berlibur yakni selain waktu libur nasional ataupun liburan anak sekolah.

  • Menggunakan kendaraan pribadi

Untuk berlibur bersama teman – teman atau keluarga tentu membutuhkan kendaraan untuk mencapai tempat wisata yang dituju. Menggunakan kendaraan pribadi merupakan pilihan yang tepat ketika melakukan kunjungan wisata ke suatu tempat. Dengan menggunakan kendaraan pribadi tentu uang yang dikeluarkan lebih sedikit dibandingkan dengan menggunakan agen perjalanan atau menggunakan kendaraan umum. Dengan kendaraan pribadi tentu kita akan dapat mencapai daerah – daerah yang tidak dilewati oleh kendaraan umum, dengan demikian akan memudahkan kita untuk mencapai tempat – tempat wisata yang jarang dilewati oleh kendaraan umum.

  • Mempersiapkan perlengkapan wisata dengan baik

Perlengkapan untuk wisata perlu dipersiapkan terlebih dahulu agar sewaktu di tempat wisata dapat menghindari membeli barang – barang keperluan wisata yang mahal. Seperti misalnya pada saat berwisata ke tempat yang berada di pegunungan yang berudara dingin, tentu kita harus membawa berbagai macam perlengkapan yang tepat seperti pakaian tebal. Dengan membawa perlengkapan sendiri tentu akan menghemat biaya yang kita keluarkan. Namun untuk perlengkapan seperti makanan besar tidak perlu dibawa dari rumah, melainkan dapat membeli kuliner di sekitar tempat wisata. Jika membawa sendiri dikhawatirkan akan mengganggu perjalanan serta mengurangi kualitas makanan yang dibawa. Hal ini dikarenakan makanan besar banyak yang tidak tahan lama.

  • Melakukan kunjungan dengan rombongan

Untuk mengunjungi suatu tempat wisata dengan harga lebih murah, dapat dilakukan dengan mendatanginya secara rombongan. Biasanya tersedia potongan harga jika datang dengan rombongan wisatanya. Dengan demikian dapat mengurangi biaya yang dikeluarkan untuk wisata. Seperti misalnya pada saat sewa perahu di tempat wisata, tentu harga yang ditawarkan biasanya merupakan harga rombongan. Tentu rombongan pun juga harus disesuaikan dengan kapasitas perahu.

Leave a Reply