Home >> Nasional >> Pantauan Kecelakan Selama Arus Mudik hingga H-4 Lebaran
pantauan arus mudik di Cileunyi

Pantauan Kecelakan Selama Arus Mudik hingga H-4 Lebaran

Beritalamongan.com – Jika Ramadan tahun ini genap menjadi tiga puluh hari maka tinggal tiga hari lagi umat muslim akan melaksanan salat ied. Sama seperti tahun – tahun sebelumnya, tradisi yang sering dilakukan sebelum hari raya adalah pulang kampung. Mereka yang bekerja di kota biasanya baru pulang kampung beberapa hari sebelum hari raya tiba. Bukan karena tanpa alasan, tetapi karena libur yang diberikan oleh perusahaan atau tempat mereka bekerja biasanya diberikan pada hari yang dekat dengan hari raya. Oleh sebab itu, pada musim mudik tiba hampir seluruh pemudik secara serentak melaksanan mudik.

Pada musim mudik tahun ini, banyak perusahaan swasta maupun milik Negara yang menyediakan akomodasi untuk mudik gratis kepada para pegawainya. Upaya tersebut dilakukan selain untuk memberikan pelayanan kepada pegawainya juga untuk menekan kepadatan kendaraan saat mudik.

Seperti yang telah terjadi selama ini, banyak pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi untuk pulang menuju kampung halamanya masing – masing. Kondisi inilah yang membuat arus lalu lintas menjadi jauh lebih padat ketimbang hari biasa. Bukan hanya itu, jumlah kecelakaan yang terjadi selama arus mudik juga mengalami peningkatan.

Karo Penmas Polri Brigjen Agus Rianto mengatakan jumlah kecelakaan yang terjadi pada H-4 lebaran tahun ini adalah sebanyak 207 peristiwa. Tidak hanya angka kecelakaan saja yang bertambah tetapi juga korban meninggal dunia akibat kecelakaan tersebut juga semakin bertambah.

“korban meninggal dunia 60 orang, korban luka berat 148 orang dan luka ringan 169 orang,” ungkapnya.

Dari data tersebut, total jumlah musibah kecelakaan yang terjadi selama operasi mudik atau operasi ketupat pada tahun 2015 ini hingga H-4 lebaran telah mencapai 723 peristiwa. Total jumlah korban yang meninggal dunia akibat kecelakaan tersebut mencapai 152 orang, korban luka berat 251 dan luka ringan mencapai 809 orang. Jumlah yang tidak sedikit mengingat geliat arus mudik yang mulai meningkat sejak beberapa hari yang lalu. Kemungkinan arus mudik akan semakin meningkat lagi sebab di beberapa daerah baru melaksanan libur kerja.

Leave a Reply