Home >> Umum >> Landasan Pacu Pesawat Paling Menakutkan di Dunia

Landasan Pacu Pesawat Paling Menakutkan di Dunia

Beritalamongan.com – melakukan perjalanan dengan pesawat dianggap sebagai salah satu moda transportasi dan tercepat bila dibandingkan dengan moda transportasi lainya. Pengamanan yang ekstra menjadi pusat perhatian bagi keamanan pesawat baik saat akan mengudara maupun saat akan turun. Oleh karena itu, kondisi bandara terutama pada landasan pacu adalah hal yang sangat diperhatikan demi keamanan dan kenyamanan pilot di belakang kemudi.

Berada di belakang kemudi pesawat tidak bisa disamakan dengan kemudi mobil. Ketika berada di lintasan pacu, pengemudi bisa dengan mudahnya melakukan maneuver dengan mobilnya. Tetapi tidak demikian dengan pesawat. Ketika berada di atas lintasan pacu pesawat tidak didesain untuk melakukan maneuver di atas daratan. Tentunya akan sangat beresiko apabila mengajak pesawat untuk maneuver di atas landasan pacu pesawat.

Oleh karena itu landasan pacu pesawat biasanya memiliki kondisi yang mulus dan lintasanya panjang. Akan tetapi di beberapa Negara ada bandara yang memiliki landasan pacu pesawat yang menakutkan. Landasan pacu pesawat paling menakutkan di dunia tersebut antara lain berada di bandara:

  1. Courchevel Airport

Landasan Pacu Pesawat Paling Menakutkan di Dunia couvhrel

Courchevel airport merupakan salah satu bandara yang berada di Perancis yang letaknya ada di kawasan wisata ski. Yang membuatnya menjadi salah satu bandara paling menakutkan di dunia adalah lintasan pacu pesawat dengan panjang 524 meter dan posisinya menanjak. Namun bandara tersebut hanya digunakan untuk pesawat pribadi saja bukan untuk pesawat komersil pada umumnya.

  1. Princess Juliana International Airport

Landasan Pacu Pesawat Paling Menakutkan di Dunia princess

Lokasi bandara biasanya berada jauh dari keramaian atau dari kawasan yang padat penduduk. Tetapi jika anda pernah berlibur ke pantai Maho, anda akan melihat betapa rendahnya pesawat hilir mudik di atas kepala anda. Landasan pacu pesawat di Princess Juliana International Airport berada sangat dekat dengan pantai Maho. Jadi akan sering kali terlihat dan terdengar kebisingan pesawat melintas rendah di atas pantai Maho.

  1. Madeira Airport

Landasan Pacu Pesawat Paling Menakutkan di Dunia madeira

Salah satu yang sering membuat pilot ketar ketir saat berada di belakang kemudi pesawat adalah ketika harus melintasi daerah perbukitan. Lalu bagaimana jika bandaranya berada di wilayah tersebut? Tentu sang pilot harus selalu waspada dan berhati – hati supaya tidak ada bagian pesawat yang menyentuh bukit tersebut.

Madeira Airport merupakan salah satu bandara yang dibangun di daerah yang dikelilingi bukit. Landasan pacu pesawat berada tepat di atas sebuah bukit. Kondisi demikian membuat pesawat sulit untuk mendarat. Oleh sebab itu, landasan pacu bandara Madeira diperpanjang lebih jauh mengarah ke Samudera Atlantik supaya pesawat yang lebih besar bisa mudah untuk mendarat di bandara tersebut.

  1. Tensing Hillary Airport

Landasan Pacu Pesawat Paling Menakutkan di Dunia tensing

Jika di Perancis ada bandara dengan landasa pacu pesawat panjang dan menanjak, di ujung selatan Lukla ada sebuah bandara yang memiliki landasan pacu pesawat panjang dan posisinya menuruni lembah. Ya, Tensing Hillary Airport merupakan salah satu bandara menakutkan di dunia karena landasan pacu pesawatnya yang memiliki panjang 457 meter dengan mengikuti kontur menuruni lembah sejauh 600 meter. Dalam lima tahun terakhir, tercatat telah terjadi empat kali kecelakaan pesawat di bandara tersebut.

Leave a Reply