Home >> Gaya Hidup >> Alasan Kenapa Harus Menikah di Usia 30an
menikah di usia tiga puluhan

Alasan Kenapa Harus Menikah di Usia 30an

Beritalamongan.com – pernikahan adalah salah satu hal yang diidam – idamkan bagi para lajang. Menemukan pendamping hidup akan membuat kehidupan mereka semakin lengkap. Memiliki pekerjaan tetapi belum memiliki pasangan bisa menjadi persoalan tersendiri bagi seseorang. Tetapi memiliki pekerjaan yang mantap kemudian baru menikah juga menjadi pilihan bagi seseorang untuk memilih menikah di usia yang lebih mapan.

Menikah bukan hanya perkara mapan secara ekonomi tetapi juga mapan secara batin. Sebab, dalam menjalani rumah tangga nanti menyatukan dua hati tidak semudah seperti menyatukan besi dan magnet. Akan ada gesekan bahkan perselisihan. Apabila tidak dibarengi dengan kesiapan mental secara dewasa maka akan bisa memicu perceraian. Mungkin itulah sedikit alasan kenapa beberapa orang lebih memilih menikah di usia yang mapan.

Usia awal dua puluhan, bisa dibilang masih terlalu belia untuk mengarungi rumah tangga. Pada usia tersebut, kebanyakan masih belum bisa mengatasi emosi yang sering meledak. Tetapi tidak demikian dengan mereka yang sudah berusia tiga puluhan, mereka cenderung bisa menahan emosi dan melakukan apa yang sebaiknya harus dilakukan.

Usia memang bukan batasan yang menentukan kedewasaan seseorang. Karena sebenarnya masih ada hal lain yang bisa menentukan kedewasaan. Tetapi mereka yang telah memasuki usia tiga puluhan secara psikologis lebih memiliki mental yang mapan dari pada mereka yang masih awal dua puluhan. Terutama di saat menjalani pernikahan, mereka yang menikah muda lebih sering menghadapi konflik yang bahkan bisa berujung pada perceraian. Oleh karena itu, beberapa lebih memilih menikah di usia tiga puluhan.

Berikut beberapa alasan kenapa harus menikah di usia 30an:

Lebih dewasa dalam berkomunikasi

Semakin matang usia maka semakin dewasa dalam berkomunikasi. Pada usia tersebut, biasanya tidak mudah terpancing oleh emosi yang terjadi akibat hal – hal sepele seperti yang dilakukan oleh pasangan muda.

Percaya diri

Di usia yang mapan ini, seseorang semakin mengenal dirinya dengan baik. Pemahaman diri inilah yang membantu mengendalikan emosi. Usia yang mantap untuk menikah ini datang dengan perencanaan yang matang mulai dari karir hingga rumah tangga untuk kedepanya.

Bijak dalam mengatur keuangan

Ketika sudah berumah tangga dan dibarengi dengan kedewasaan, maka dalam melakukan segala hal juga akan dibarengi dengan pertimbangan yang matang. Semua itu dilakukan demi kebaikan dalam rumah tangganya. Termasuk dalam hal keuangan. Mereka yang menikah di usia 30an cenderung lebih bisa memikirkan pengelolaan uang untuk masa depan berumah tangga.

Puas hidup sendiri

Setelah sekian lama menyendiri alias tanpa pasangan, sudah saatnya untuk mengakhiri kesendirian tersebut dengan menikah. Bisa berumah tangga, memiliki seseorang di sisi yang selalu setia menemani adalah suatu kebahagian yang tidak mungkin bisa didapatkan ketika masih lajang.

Leave a Reply