Home >> Nasional >> Gelombang Tinggi Laut Jawa Menahan Pemudik di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang
gambar ilustrasi kapal pemudik bersandar di pelabuhan tanjung mas semarang

Gelombang Tinggi Laut Jawa Menahan Pemudik di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

Beritalamongan.com – Gelombang tinggi laut jawa menahan dua kapal pemudik dari Kalimantan. Kapal tersebut kemudian bersandar di pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. Kecepatan angin yang terjadi di atas permukaan laut menyebabkan gelombang menjadi tidak bersahabat bagi kapal untuk melanjutkan perjalanan.

Menurut Sumardji, Supervisor Pengamanan dari PT Pelindo III, mengatakan biasanya memang ada penundaan keberangkatan apabila kondisi ombak tinggi. Akibat cuaca yang tidak bersahabat tersebut terjadi penundaan keberangkatan kapal pemudik dari Kalimantan menuju semarang.

Dua kapal yang bersandar di pelabuhan Tanjung Emas adalah KM Egon jurusan Pontianak – Semarang yang jadwal semula tiba pukul 08.00 WIB mengalami keterlambatan hingga pukul 19.00 WIB dan KM Lawit jurusan Sampit – Semarang yang semula dijadwalkan tiba pukul 16.00 WIB mundur hingga pukul 17.00 WIB.

Sumardji menambahkan penyebab mundurnya jadwal dua kapal tersebut bukan hanya disebabkan oleh kondisi gelombang laut jawa tetapi juga disebabkan oleh perubahan jadwal keberangkatan dari pelabuhan asal.

Kondisi gelombang tinggi laut jawa memang tidak memungkinkan dua kapal tersebut untuk berangkat sesuai dengan jadwal. Jadi untuk memastikan keamanan perjalanan, pilihan terbaik adalah menunggu kondisi gelombang kembali kondusif untuk kapal menyeberang.

Supervisor Pengamanan dari PT Pelindo III itu memastikan bahwa hanya dua kapal itu saja yang mengalami keterlambatan akibat gelombang tinggi dan angin kencang di pulau jawa. Selebihnya, kapal lain yang juga tengah bersandar di pelabuhan Tanjung Emas dipastikan akan tetap berangkat sesuai dengan jadwalnya.

Adapun kapal lain yang bersandar di pelabuhan Tanjung Emas, Semarang yang dipastikan berangkat sesuai jadwal adalah KM Leuser dengan rute perjalanan Sampit – Semarang dan Jakarta – Semarang yang akan mengangkut 1.500 pemudik gratis dan KM Dobon Solo Priok – Semarang yang telah tiba di pelabuhan dengan mengangkut 2.500 pemudik dan 800 motor.

Meski tahun ini beberapa perusahaan baik swasta maupun milik pemerintah telah menggelar mudik gratis namun dari pantaun terlihat jumlah pemudik baik pejalan kaki maupun yang membawa kendaraan pribadi masih cukup tinggi.

Leave a Reply