Home >> Gaya Hidup >> Pengemis ini Mendadak Kaya dalam Tiga Pekan
gambar ilustrasi pengemis wanita bersama anaknya

Pengemis ini Mendadak Kaya dalam Tiga Pekan

Beritalamongan.com – bekerja secara terhormat dan mendapatkan penghasilan yang tinggi sudah lumrah bagi mereka yang berusaha dengan giat. Tapi siapa sangka ada wanita yang tiap harinya meminta – minta dan mengharap belas kasihan alias mengemis ternyata juga bisa mendapatkan penghasilan tinggi. Ya, wanita bernama Nunung Suryadi (56) dari Yogyakarta ini adalah seorang pengemis yang terjaring razia oleh petugas dinas social Jakarta selatan. Dalam kurun waktu tiga minggu selama bulan Ramadan ini, Nunung berhasil mengumpulkan uang Rp 4.490.000. sungguh penghasilan yang fantastis penghasilan mengemis melebihi UMR dan UMK yang ditetapkan oleh pemerintah.

Menurut Kismoyohadi, kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan mengatakan, “selama Ramadan ini kami memang gencar melakukan penjagkauan terhadap pengemis. Belakangan kami juga banyak mendapati pengemis berpenghasilan tinggi.”

Petugas pelayanan, pengawasan dan pengendalian social (P3S) Suku dinas Sosial Jakarta Selatan yang menggelar razia pengemis pada Sabtu kemarin (11 / 7 / 2015) berhasil menangkap sejumlah pengemis termasuk Nunung di dalamnya. Para pengemis yang terjaring razia tersebut kemudian akan dibina di panti social bina insane (PSBI) Bangun Daya 2 Cipayung, Jakarta Timur. Sementara untuk uang yang telah dikumpulkan oleh pengemis tersebut akan disimpan dan akan dikembalikan lagi ketika telah selesai masa pembinaan.

Penjagaan tidak hanya akan dilakukan di beberapa titik rawan penyandang masalah kesejahteraan social (PMKS) tetapi juga akan dilakukan dengan menjangkau laporan dari masyarakat. untuk mempermudah pelaporan tersebut, masyarakat bisa memanfaatkan jejaring social dan juga aplikasi Qlues dari perangkat pintar. Kismoyohadi menuturkan pihaknya akan segera menindak langsung ketika ada laporan dari masyarakat. pihaknya juga telah melakukan monitoring dengan menempatkan sejumlah petugas di lapangan.

Sehari sebelumnya, Jumat (10 / 7 / 2015). Suku Dinas Sosial Jakarta Timur juga berhasil mengamankan pengemis lain yang juga memiliki penghasilan yang jauh lebih tinggi. Pengemis wanita bersama anaknya yang berasal dari Cikamurang, Subang, Jawa Barat tersebut berhasil mengumpulkan uang senilai Rp 5 juta dan perhiasan emas senilai Rp 30 juta.

Sudah seperti tradisi ketika momentum Ramadan dan lebaran banyak pengemis yang berbondong – bondong datang ke kota – kota besar termasuk ke ibu kota untuk mendapatkan penghasilan tinggi. Masyarakat dihimbau agar tidak memberikan uang kepada pengemis secara langsung sebab belum tentu pengemis tersebut adalah benar – benar orang yang fakir. Buktinya seperti Nunung dan pengemis lain yang ternyata malah memiliki penghasilan yang lebih tinggi dari mengemis. Beberapa pengemis ternyata juga kedapatan memiliki rumah yang bagus di kampungnya bahkan bisa menyekolahkan anaknya hingga tingkat sarjana. Kalaupun ingin memberikan sedekah, sebaiknya diberikan kepada lembaga resmi supaya uang sedekah tersebut bisa tersalurkan tepat sasaran.

Leave a Reply