Home >> Nasional >> Hari ini 40 Tahun Dibukanya Monas
hari ini tepat 40 tahun dibukanya monas

Hari ini 40 Tahun Dibukanya Monas

Beritalamongan.com – hari ini jika anda mengunjungi google.co.id anda akan menemukan tiga gambar monas. Gambar yang pertama adalah gambar dimana masa awal pembangunan monas, gambar kedua adalah pada proses pembangunan dan gambar yang ketiga adalah gambar monas yang sudah jadi lengkap dengan api emas di atasnya.

Lalu, apa yang istimewa dengan gambar monas di google.co.id?

Hari ini memang bukanlah hari ulang tahun Monas. Sebab, ulang tahun Monas sebenarnya jatuh pada tanggal 17 Agustus. Hal tersebut ditegaskan oleh Kepala UP Monas Rini Hariyani.

“ulang tahun Monas jatuh pada tanggal 17 Agustus. Sebab, monas mulai dibangun pada tanggal 17 Agustus 1961,” kata Rini.

Oleh karena itu, hari ini tidak ada tidak yang spesial di Monas. Pemandangan monas hari ini sama seperti hari – hari biasa. Pihak pengelola baru akan mengadakan acara spesial peringatan monas pada tanggal 17 Agustus mendatang.

“hiburan di Monas nanti ada pada lebaran hari kedua. Di sana nanti akan ada panggung di pelataran antrean menuju puncak monas,” tambahnya.

Terkait dengan gambar monas yang dipasang di google.co.id, hari ini, 12 juli, merupakan 40 tahun dibukanya monas. Monument setinggi 132 meter tersebut diresmikan oleh presiden kedua RI Soeharto pada tanggal 12 juli 1975. Jadi hari ini tepat 40 tahun dibukanya monas bukan ulang tahunya monas.

Pada tanggal 17 Agustsu 1961, presiden pertama RI Soekarno secara seremonial menancapkan pasak beton pertama pembangunan monas. Pembangungan monas sendiri berlangsung secara bertahap mulai dari tahun 1961, 1962 dan 1965. Ada sebanyak 284 pasak beton yang digunakan sebagai fondasi bangunan dan 360 pasak bumi sebagai fondasi museum sejarah nasional. Pemancangan pondasi secara keseluruhan selesai pada maret 1962.

Pembangunan monas sempat tertunda akibat gerakan 30 september 1965 (G 30 S PKI). Pembangungan selanjutnya kemudian dimulai lagi pada tahun 1969 hingga 1976. Pembangunan monas pada waktu itu sudah selesai namun karena terjadi masalah kebocoran air akibatnya musem sempat tergenang. Barulah secara resmi monas dibuka untuk umum pada tanggal 12 juli 1975.

Leave a Reply