Home >> Nasional >> Persija Terancam Keluar dari Piala Indonesia Satu
Persija terancam keluar dari Piala Indonesia Satu jika saja mereka tidak mampu memberikan garansi pelunasan gaji pada pemain dan pelatihnya

Persija Terancam Keluar dari Piala Indonesia Satu

Beritalamongan.com – Mahaka Sports and Entertainment telah memberikan undanganya kepada semua klub Liga Super Indonesia (LSI) untuk mengikuti turnamen Piala Indonesia Satu. Dari 18 klub LSI, ada 11 klub memberikan respon positif terhadap undangan tersebut. Mahaka memastikan 11 klub yang menghadiri undangan tersebut bakal turun di turnamen Piala Indonesia Satu.

Salah satu klub LSI yang bakal turun di turnamen tersebut adalah Persija Jakarta. Namun kabar terbaru menyebutkan Persija terancam keluar dari Piala Indonesia Satu jika saja mereka tidak mampu memberikan garansi pelunasan gaji pada pemain dan pelatihnya.

Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) yang memberikan dukunganya atas terselenggaranya turnamen Piala Indonesia Satu selain memberikan izin rekomendasi juga menerapkan dua aspek yang harus dipenuhi oleh tiap klub peserta. Dua aspek yang menjadi sorotan BOPI adalah financial dan legalitas.

Persija kemungkinan akan terjerat aspek financial sebab, manajemen klub dikabarkan masih menunggak gaji sejumlah pemain dan pelatih selama empat bulan. Terkait masalah financial tersebut, BOPI akan tetap mengawal proses pembayaran tunggakan gaji yang harus dibayar oleh manajemen Persija Jakarta. Setidaknya, pihak manajemen membuat kesepakatan tertulis tentang proses pelunasa gaji tersebut.

“kami berharap Persija mampu melunasi gaji pemainya. Atau paling tidak ada langkah dari manajemen klub untuk mengangsur pelunasan gaji pemain,” kata Heru Nugroho, Sekjen BOPI.

Terkait penyelenggaraan turnamen Piala Indonesia Satu, hingga sekarang ini menurut Heru pihaknya belum menerima berkas permohonan penyelenggaraan turnamen dari pihak promoter Mahaka Sports and Entertainment. Dia berharap proses verifikasi bisa segera dilaksanakan agar mempersingkat waktu kerja dari BOPI.

Heru mengungkapkan pihaknya juga belum menerima berkas dari Piala Kemerdekaan bentukan Menpora. Pihaknya berharap agar surat permohonan tidak diberikan dalam tenggang waktu yang mepet dengan pelaksanaan turnamen supaya proses verifikasi bisa efektif dan bisa memberikan perlindungan pada pemain dari kelalaian klub.

Ketidak pastian penyelenggaraan turnamen membuat sejumlah klub peserta turnamen Piala Indonesia Satu mengundurkan diri dari turnamen tersebut. Sebelumnya Barito Putera dan Persiram Raja Ampat telah menyatakan mundur dari turnamen Piala Indonesia Satu. Ada dua factor yang membuat mereka menarik diri dari turnmane tersebut yakni ketidakpastian jumlah peserta dan persoalan financial. Turnamen Piala Indonesia Satu rencananya akan bergulir pada Agustus nanti. Namun saat ini pihak promotor mengaku masih mempersiapkan klub peserta. Adapun untuk format pertandingan dan tim tuan rumah telah rampung sebelumnya.

Leave a Reply