Home >> Nasional >> Penyebab Utama Transjakarta Mudah Terbakar
ada dua factor yang menyebabkan bus transjakarta mudah terbakar

Penyebab Utama Transjakarta Mudah Terbakar

Beritalamongan.com – kasus terbakarnya bus transjakarta bukan sekali atau dua kali terjadi. Sudah beberapa kali armada bus dalam ibu kota tersebut mengalami kebakaran saat beroperasi. Berita terbaru mengabarkan, sebuah bus transjakarta tipe gandeng terbakar di halte Salemba Jakarta Pusat. Padahal saat itu bus tengah berhenti untuk menaik turunkan penumpang. Namun tiba – tiba api langsung muncul dan membuat badan bus tranjakarta berwarna abu – abu tersebut terbakar.

Muhammad Akbar, Komisaris PT Transjakarta, dalam diskusi yang bertema “save transjakarta busway” menjelaskan penyebab utama transjakarta mudah terbakar. Menurutnya ada dua factor yang menyebabkan bus transjakarta mudah terbakar seperti yang dipaparkan berikut ini:

Beban kerja berat

Factor utama penyebab transjakarta mudah terbakar adalah beban kerja yang berat. Menurutnya, armada transjakarta selama ini beroperasi tanpa henti mulai dari pukul 05.00 hingga pukul 23.00. Jam kerja yang tinggi tersebut bahkan lebih lama dari pada jam kerja bus regular di Jakarta.

Jam kerja tinggi ditambah lagi jumlah penumpang yang melebihi kapasitas maksimal membuat beban kerja bus transjakarta semakin berat. Menurutnya, suda ada prosedur operasi standar yang melarang penumpang masuk ke bus yang sudah penuh. Namun praktek di lapangan, petugas kesulitan untuk menerapkanya.

Akbar menambahkan beban trans Jakarta yang menggunakan bahan bakar gas cenderung lebih berat dari pada bus yang berbahan bakar solar. Di dalam satu unit bus total ada sembilan tabung gas. Ini artinya berat bus transjakarta sendiri menjadi lebih berat dari pada bus yang menggunakan mesin diesel.

Rancangan bus

Menurut akbar, rancangan bus transjakarta berbeda dengan bus berbahan bakar gas lain yang ada di Negara lain. Bus transjakarta memiliki lantai yang lebih tinggi dan meletakan tabung gas di bagian bawah. Sementara bus berbahan bakar gas di Negara lain menggunakan lantai yang lebih rendah dan tabung terletak di bagian atas. Oleh karena itu, bus transjakarta memiliki rancangan desain khusus dan membuat perakitan bus transjakarta harus dipesan terlebih dahulu.

“karena pabrik menggunakan desain khusus, kita tidak tahu risetnya. Selama ini juga belum ada rancangan yang idel untuk transjakarta. Jangan – jangan selama ini juga tidak ada riset tentang desain yang ideal untuk transjakarta,” kata Agus.

Agus mengungkapkan perusahaan karoseri juga menggunakan material yang sama dengan yang digunakan pada bus regular. Dia menambahkan, dari sekian banyak kasus terbakarnya bus transjakarta bukan berasal dari mesin tetapi berasal dari komponen lain.

“bus transjakarta memang didatangkan dari merk yang berbeda tetapi karoserinya sama,” ungkap Agus.

Leave a Reply