Home >> Berita Jatim >> Erupsi Gunung Raung, Ribuan Calon Penumpang Pesawat Gagal Terbang
erupsi gunung Raung menyebabkan sejumlah penerbangan domestic dan penerbangan internasional batal berangkat

Erupsi Gunung Raung, Ribuan Calon Penumpang Pesawat Gagal Terbang

Beritalamongan.com – aktivitas tinggi dari gunung Raung akhir – akhir ini membuat dampak yang cukup luas. Tidak hanya berdampak di sekitaran Banyuwangi, Jawa Timur saja tetapi juga berdampak luas hingga ke Mataram. Ya, erupsi gunung Raung menyebabkan sejumlah penerbangan domestic dan penerbangan internasional batal berangkat. Akibatnya erupsi gunung Raung ribuan calon penumpang pesawat gagal terbang. Sejumlah penumpang yang gagal terbang memilih untuk menginap di bandara. Para penumpang tersebut terpaksa menginap di bandara internasional Lombok sambil menunggu jadwal penerbangan pada esok hari.

Menurut Heri, salah satu calon penumpang yang akan berangkat ke Surabaya, mengaku lebih memilih menginap di bandara dari pada harus balik pulang. Sebab, jika harus kembali ke Mataram lagi dia harus mengeluarkan biaya lagi untuk membayar taksi. Belum lagi badan akan semakin capek jika harus kembali ke Mataram. Menginap di bandara bukan menjadi keinginanya, juga bukan menjadi keinginan penerbangan, tetapi karena kondisi alam yang tidak memungkinkan mereka terpaksa menginap di bandara.

Rencananya, Heri akan mendapatkan jadwal penerbangan ke Surabaya pada Sabtu sore (11 / 7 / 2015). Itu pun kalau pernebangan sudah memungkinkan. Dia hanya berharap aktivitas gunung Raung bisa kembali normal supaya dia bisa segera terbang ke Surabaya dan aktvitas penerbangan juga tidak ada gangguan.

Selain Heri, terlihat beberapa turis asing yang terpaksa bermalam di bandara akibat jadwal penerbangan mereka yang tertunda. Kondisi yang mereka alami juga sama seperti yang dialami oleh Heri dan ribuan calon penumpang pesawat yang lain. Kondisi alam yang sedang tidak kondusif untuk penerbangan terpaksa membuat sejumlah penerbangan tertunda baik penerbangan domestic maupun internasional.

Tercatat akibat erupsi gunung Raung, ada 42 jadwal penerbangan domestic dan 5 penerbangan internasional yang tertunda. Akibatnya lebih dari 3.000 penumpang pesawat yang gagal berangkat. Terbang di atas kondisi alam yang tidak baik memang sangat beresiko terhadap keselamatan pesawat dan juga penumpang yang ada di dalamnya. Oleh sebab itu, opsi untuk membatalkan penerbangan merupakan pilihan yang terbaik untuk mengantisipasi hal – hal yang tidak diinginkan selama penerbangan.

Leave a Reply