Home >> Nasional >> 10 Ambulan Disiapkan untuk Antisipasi Kecelakaan di Tol Cipali
dinas kesehatan Jawa Barat telah bekerjasama dengan pemerintah dan rumah sakit kota dan kabupaten di Jawa Barat untuk menyiapkan 10 ambulan di sepanjang tol cipali

10 Ambulan Disiapkan untuk Antisipasi Kecelakaan di Tol Cipali

Beritalamongan.com – baru dibuka beberapa minggu, tol cipali sudah merenggut beberapa korban. Kejadian ini tentu sangat disesalkan oleh banyak pihak. Bahkan ada yang menuding bahwa tol cipali sebenarnya masih belum siap untuk digunakan para pengguna jalan.

Benarkah demikian?

Pendapat tersebut sebenarnya tidak bisa dikatakan 100 persen benar. Sebab, dari kecelakaan yang pernah terjadi di tol Cipali penyelidikan mengungkapkan bahwa kecelakaan lebih banyak disebabkan oleh human eror.

Tol cipali yang merupakan tol terpanjang di Indonesia memiliki ruas jalan lurus, mulus dan panjang. Tak jarang banyak pengemudi yang terlena dengan kondisi jalan tersebut sehingga tak sadar mereka telah menginjak pedal gas dan memacu kendaraan mereka dengan kecepatan tinggi.

Tol ini memang terlihat sengaja dikebut pengerjaanya untuk persiapan mudik dan balik lebaran. Namun dinas terkait telah menyatakan bahwa tol cipali ini telah siap untuk digunakan para pemudik. Mengingat beberapa kecelakaan yang terjadi di tol terpanjang di Indonesia akhir – akhir ini, selama musim mudik dan balik nanti, dinas kesehatan Jawa Barat telah bekerjasama dengan pemerintah dan rumah sakit kota dan kabupaten di Jawa Barat untuk menyiapkan 10 ambulan di sepanjang tol cipali.

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat, Alma Lucyati mengatakan sepanjang tol cipali yang melewati beberapa kabupaten di Jawa Barat, telah disiapkan dua unit ambulan yang telah dilengkapi dengan perlengkapan medis untuk mengantisipasi kecelakaan di tol cipali. Ambulan tersebut akan ditempatkan di beberapa titik rawan di tol cipali.

Setidaknya ada lima kabupaten di Jawa Barat yang dilalui tol cipali yaitu kabupaten Purwakarta, Subang, Indramayu, Majalengka dan Cirebon. Karena masing – masing kabupaten telah menyiapkan dua unit ambulan maka akan ada 10 ambulan sepanjang tol cipali di Jawa Barat.

Selain dilengkapi dengan peralatan medis, di dalam ambulan tersebut juga telah dilengkapi satu tim medis seperti perawat dan tenaga kesehatan lainya. Jadi bila terjadi keadaan darurat dengan ambulan tersebut pasien bisa segera mendapatkan pertolongan.

Dinas Kesehatan Jawa Barat juga telah bekerja sama dengan polisi, Dishub, TNI dan lainya. Alma mengatakan telah menyiapkan beberapa hal agar kecelakaan di tol cipali bisa ditekan mulai dari melakukan tes kelelahan kepada pengemudi, mobil patrol dan lain sebagainya.

Alma mengakui bahwa tol cipali yang mulus dan nyaman terkadang membuat pengendara terlena. Oleh karena itu, ia mengingatkan kepada para pengemudi agar selalu berhati – hati ketika memacu kendaraan mereka. Kelalaian pengendara adalah yang menjadi penyebab banyak kasus kecelakaan yang terjadi. Alma menambahkan secara keseluruhan Jawa Barat telah menyediakan ambulan sebanyak 542 unit.

Leave a Reply