Home >> Lamongan >> 5 Tempat Wisata Menarik Sepanjang Jalur Pantura
Wisata Bahari Lamongan dan Maharani zoo merupakan destinasi kebanggaan warga lamongan. Lokasinya berada di jalur pantura Surabaya – Tuban

5 Tempat Wisata Menarik Sepanjang Jalur Pantura

Beritalamongan.com – Menempuh perjalanan panjang selama mudik melalui jalur pantura menjadi agenda rutin bagi mereka yang bekerja jauh di perantauan. Kebanyakan mereka yang bekerja di ibu kota tak pernah melewatkan momentum libur lebaran untuk berkumpul dnegan keluarga di rumah. Meski hanya mendapatkan libur tidak lebih dari dua minggu namun bisa berkumpul dan bersilaturahmi dengan sanak family adalah hal yang sangat berharga untuk dilewatkan.

Salah satu akses jalur yang sering dijadikan sebagai jalur utama untuk mudik atau pulang kampung adalah jalur pantura. Jalur tersebut membentang jauh di sisi utara pantai jawa. Kebanyakan orang jawa yang bekerja di ibu kota selalu memilih jalur tersebut untuk digunakan sebagai jalur mudik.

Meski merupakan jalur utama namun bukan berarti dikatakan sebagai jalur favorite. Sebab, ketika pemudik melewati jalur tersebut mereka harus bertarung dengan kerasnya medan dan padatnya arus yang sering menimbulkan kemacetan. Perjalanan yang berat tersebut sering kali membuat para pemudik kelelahan. Tetapi jika kelelahan sudah melanda, pemudik tidak perlu bingung untuk mencari tempat istirahat dan merilekskan badan sejenak.

Ada 5 tempat tempat wisata menarik sepanjang jalur pantura yang bisa pemudik kunjungi sekedar untuk melepas lelah sambil menikmati fasilitas dan keindahan wisata yang diberikan. Selain itu, mampir di tempat wisata sepanjang jalur pantura tersebut juga bisa memberikan kesempatan untuk membeli oleh – oleh khas jalur pantura kepada sanak family di rumah.

Berikut 5 tempat wisata menarik sepanjang jalur pantura:

  1. Kampung batik Trusmi di Cirebon

Pertama keluar dari ibu kota Jakarta, pemudik akan sampai di Jawa Barat. Perjalanan dari Jakarta menuju Jawa Barat bukan berarti perjalanan yang singkat. Inilah tantangan pertama pemudik menghadapi betapa padatnya arus lalu lintas sepanjang jalur tersebut.

Jika pemudik sudah sampai di daerah Cirebon, Jawa Barat, sempatkan untuk membelokan setir sejekan ke kampung batik Trusmi untuk membawa buah tangan yang spesial dari daerah tersebut. Tepatnya di desa Trusmi, Kecamtan Plered, Cirebon, Jawa Barat pemudik bisa mendapatkan berbagai model batik dengan corak batik pesisir. Harga yang ditawarkan juga sangat bersahabat mulai dari Rp 25.000 – Rp 300.000.

Kampung batik Trusmi bisa ditemukan dengan mudah bila pemudik melewati jalur kota Cirebon. Jika pemudik menuju arah Jawa Tengah dan melewati tol Kanci atau pertigaan Palimanan, pemudik tinggal belok ke arah Kota Cirebon. Kemudian akan sampai di perempatan Plered dari sana belok kiri dan sampailah di deretan toko – toko yang menampilkan koleksi batik. Itu tandanya, pemudik sudah sampai di Kampung Batik Trusmi.

  1. Pantai Alam Indah, Tegal

Mengambil mudik melalui jalur pantura, mata tidak akan pernah lepas dari pemandangan indah pantai utara Jawa. Salah satu pantai yang menawarkan landscape yang indah adalah Pantai Alam Indah. Letaknya sangat strategis dan dekat dengan pusat Kota Tegal. Sekedar duduk – dudk di tepi pantai sambil melihat panorama alam yang eksotis ditemani deburan ombak yang lembut dan angin yang semilir bisa membuat anda mengendorkan otot sejenak setelah capek menempuh perjalanan jauh. Di sana juga ada fasilitas perahu yang bisa digunakan untuk menjelajah Pantai Alam Indah.

  1. Pantai Widuri, Pemalang

Selain Pantai Alam Indah, pantai lain yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Pantai Widuri di Pemalang, Jawa Tengah. Tempat wisata tersebut tidak hanya menawarkan keindahan alam tetapi juga menawarkan banyak wahana permainan. Jika adrenalin anda cukup teruji cobalah wahana permainan water slider yang memiliki ketinggian 13 m. ada wahana kids water playground untuk tempat bermain buah hati. Tiket masuk juga sangat murah. Hanya Rp 15.000 per orang.

  1. Batang Dolphin Center, Batang

Mudik bersama keluarga menempuh perjalanan jauh jalur pantura juga membuat orang tua selalu memikirkan buah hati mereka. Kerap kali ketika sang buah hati mulai capek dengan perjalanan mereka akan rewel. Nah jika hal demikian juga terjadi dengan perjalanan anda, istirahatlah sejenak. Ajak buah hati anda untuk menyaksikan aksi lumba – lumba di Batang Dolphin Center yang ada di Batang, Jawa Tengah. Anda hanya perlu membayar Rp 20.000 per orang. Lokasi Dolphin Center dekat dengan alun – alun Batang. Jadi sangat mudah untuk menemukanya. Paling tidak istirahat sejenak di sana bisa membuat buah hati anda tersenyum kembali melihat lumba – lumba lucu yang beraksi di dalam kolam.

  1. WBL dan Maharani zoo, Lamongan

Wisata Bahari Lamongan dan Maharani zoo merupakan destinasi kebanggaan warga lamongan. Lokasinya berada di jalur pantura Surabaya – Tuban. Ada banyak wahana permainan yang bisa dinikmati di dua tempat wisata tersebut. Kedua tempat wisata itu saling berhadapan dan hanya dipisahkan oleh jalan raya saja. Pihak pengelola memberikan kemudahan untuk mendapatkan tiket masuk. Dengan tiket eksklusif, anda bisa mendapatkan satu tiket untuk dua tempat wisata sekaligus.

Leave a Reply