Home >> Nasional >> Tommy Kurniawan: Tak Satu pun Klub LSI Mendaftar Piala Kemerdekaan
Ketua Pokja Kompetisi Tim Transisi, Tommy Kurniawan

Tommy Kurniawan: Tak Satu pun Klub LSI Mendaftar Piala Kemerdekaan

Beritalamongan.com – Pada Agustus nanti dipastikan akan ada dua turnamen sepak bola yang bergulir di negeri tercinta ini. Dua turnamen tersebut yaitu Piala Kemerdekaan dan Piala Indonesia Satu. Piala kemerdekaan merupakan turnamen sepak bola di bawah tim transisi bentukan Kemenpora. Sementara Piala Indonesia Satu merupakan turnamen yang digagas oleh Mahaka Sports and Entertainment.

Lalu siapakah peserta dari masing – masing turnamen tersebut?

Terkait dengan Piala Kemerdekaan buatan tim transisi, Deputi IV Kemenpora Gatot Dewa Broto mengatakan hingga kini sudah ada 27 klub yang akan berpartisipasi dalam Piala Kemerdekaan. Hari ini, Jumat (10 / 7 / 2015) data dari semua klub akan diserahkan ke BOPI. Selanjutnya, BOPI akan melakukan verifikasi terhadap data – data tersebut.

BOPI memberikan batasan kepada jumlah tim yang akan berpartisipasi. Ketua Pokja Kompetisi Tim Transisi, Tommy Kurniawan mengatakan hanya ada 24 tim yang akan mengikuti kompetisi Piala Kemerdekaan. Jika jumlah tim yang mendaftar melebihi batas tersebut maka BOPI akan memutuskan tim mana saja yang bisa lolos verifikasi. Adapun untuk syarat verifikasi hampir sama dengan syarat yang diberlakukan untuk LSI.

Tommy mengungkapkan dari 26 tim pertama yang mendaftar Piala Presiden tak satu pun dari mereka yang berasal dari Liga Super Indonesia. Dia mengaku pihaknya telah melakukan komunikasi dengan sejumlah klub LSI tetapi klub – klub tersebut lebih memilih untuk mengikuti Piala Indonesia Satu bentukan Mahaka Sports and Entertainment. Namun dia tidak mempermasalahkan hal tersebut.

Bagi klub yang mengikuti Piala Kemerdekaan, tim transisi telah menyediakan hadiah match fee. Di fase grup, para peserta akan mendapatkan match free sebesar Rp 50 juta, di babak delapan besar Rp 75 juta dan di semifinal Rp 100 juta. Sementara untuk juara dua mendapatkan hadiah senilai Rp 300 juta dan untuk juara pertama akan mendapatkan hadiah sebesar Rp 500 juta.

Seperti yang sudah disinggung di atas tadi, klub – klub LSI lebih memilih untuk berpartisipasi di turnamen Piala Indonesia Satu bentukan Mahaka. Turnamen tersebut juga didukung oleh BOPI. PSSI selaku induk sepak bola nasional yang diakui oleh FIFA juga mendukung Piala Indonesia Satu. Sejumlah klub LSI yang terjun di turnamen bentukan Mahaka tersebut mengaku juga senang bisa kembali bermain bahkan mereka yang ditunjuk sebagai tuan rumah mengaku sangat mengapresiasi dan segera melakukan persiapan untuk turnamen nanti. Turnamen Piala Indonesia Satu akan mulai bergulir awal agustus mendatang.

Leave a Reply