Home >> Tekno >> Internet >> Kejutan untuk Pengunduh Konten Bajakan
sebuah program yang telah dipersiapkan oleh pemerintah untuk memberantas pembajakan konten digital seperti music dan film

Kejutan untuk Pengunduh Konten Bajakan

Beritalamongan.com – Setiap peluncuran album atau film terbaru, kebanyakan orang akan lebih memilih untuk menikmatinya dari internet. Ya, tentu dengan layanan download, orang akan semakin mudah mendapatkanya. Apalagi dengan semakin banyaknya penyedia konten digital yang mengizinkan pengguna untuk memilikinya secara gratis. Konten digital tersebut biasanya merupakan hasil dari pembajakan.

Menggunakan atau memiliki konten bajakan memang tidak dibenarkan secara hukum. Bahkan ada ancaman hukumanya. Meskipun demikian, masih banyak penyedia konten digital yang memberikanya secara percuma kepada pengunjung situsnya. Mereka seakan tidak takut dengan ancaman tersebut.

Jika anda termasuk salah satu yang enggan membeli yang asli dan lebih suka mendownload yang bajakan, bersiaplah untuk menerima kejutan. Hadiah? Tentu bukan. kejutan di sini adalah sebuah program yang telah dipersiapkan oleh pemerintah untuk memberantas pembajakan konten digital seperti music dan film.

Program tersebut merupakan terobosan yang dibuat oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Saat ini program tersebut masih dalam tahap pengujian. Rencananya mulai awal Agustus 2015 nanti program tersebut akan dijalankan.

Menurut Triawan Munaf, Kepala Bekraf, pihaknya telah melakukan kerjasama dengan PT Telekomunikasi Indonesia dan Kemominfo untuk mempersiapkan system peringatan pada semua situs yang menyediakan konten digital bajakan.

Cara kerja dari program tersebut adalah ketika pengunduh akan mendownload konten digital secara ilegal, maka akan muncul suatu pemberitahuan yang berisi pasal yang dilanggar beserta ancaman hukumanya. Pesan peringatan tersebut, diharapkan bisa memberikan edukasi kepada pengguna supaya tidak berlangganan dengan konten digital bajakan.

Kemudian di bagian bawah pemberitahuan tersebut, diberikan tautan atau alamat untuk mengunduh konten yang asli dan berbayar. Untuk yang satu ini, pengunduh akan diberikan harga yang terjangkau.

Program tersebut tidak akan membuat situs yang menyediakan konten digital bajakan ditutup. Tetapi program tersebut hanya tidak membolehkan pengunduh untuk menuju link tempat dia akan mendapatkan konten yang dicari.

Tidak hanya melakukan pemberantasan secara online, Bekraf juga telah mempersiapkan untuk membentuk Satuan Tugas (Satgas) khusus yang akan memonitor pembajakan film dan music. Untuk itu, mereka akan bekerja sama dengan asosiasi music, film serta beberapa fraksi di DPR.

Leave a Reply