Home >> Hukum Kriminal >> Peneror Singapore Airlines Dipulangkan
Pada Rabu, 1 Juli 2015, maskapai penerbangan Singapore Airlines mendapatkan ancaman pengeboman dari surat elektronik (email).

Peneror Singapore Airlines Dipulangkan

Beritalamongan.com – Pada Rabu, 1 Juli 2015, maskapai penerbangan Singapore Airlines mendapatkan ancaman pengeboman dari surat elektronik (email). Di dalam surat tersebut, sang peneror mengatakan tidak ada pesawat yang boleh lepas landas sebab dia telah meletakan bom di dalamnya.

Akibat dari ancaman pengeboman tersebut, tiga penerbangan di Changi Airport Singapura mengalami delay. Penyelidikan kemudian dilakukan. Akhirnya diketahui bahwa pelaku terror tersebut berada di Indonesia. Otoritas Singapura kemudian memberikan informasi ke Polri terkait masalah tersebut.

Polri, melalui Penyidik Subdirektorat Teknologi Informatika dan Cybercrime segera melakukan penyelidikan. Diketahui, pelaku terror tersebut adalah Ilham, warga yang tinggal di kompleks perumahan Baleria, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Banten. Dia kemudian langsung diciduk aparat pada Selasa (7 / 7 / 2015) untuk diperiksa.

Sehari setelah melakukan pemeriksaan, peneror Singapore Airlines dipulangkan. Pihak kepolisian tidak melakukan penahanan terhadap Ilham sebab dia dijamin oleh orang tua dan dosenya tidak akan melarikan diri.

“dia dijamin oleh orang tua dan dosenya,” ungkap Kepala Bareskrim Polri Komjen Budi Waseso.

Selain itu, Ilham dinilai juga proaktif selama penyidikan. Penyidik berencana akan melakukan pemeriksaan kepada Ilham beberapa hari mendatang. Komjen Budi Waseso menambahkan pihaknya masih terus menggali motif terror yang dilakukan oleh Ilham.

Penyidik memang sudah mendapatkan keterangan dari Ilham. Tetapi keterangan tersebut masih akan terus diuji kebenaranya.

“kami tidak serta merta langsung percaya dengan pernyataan yang dikeluarkan oleh pelaku terror Singapur Airlines itu. Yang penting sekarang sudah ada keterangan yang dia sampaikan. Namun kita akan terus mendalaminya lagi,” ungkap Komjen Budi Waseso.

Ilham merupakan seorang mahasiswa semester tujuh dari salah satu perguruan tinggi swasta di bilangan Tangerang. Belum ada keterangan resmi dari pihak kepolisian terkait motif dibalik ancaman yang telah dibuat ilham kepada maskapai penerbangan Singapore Airlines. Namun atas apa yang telah dilakukan oleh pemuda tersebut telah merugikan banyak pihak. Tidak hanya pada maskapai penerbangan tetapi juga para penumpang pesawat dari maskapai tersebut juga dirugikan.

Leave a Reply