Home >> Umum >> Batu Akik Barjad Api Berasal dari Mars
Ciri khas dari barjad api dengan warna merah menyala atau orange

Batu Akik Barjad Api Berasal dari Mars

Beritalamongan.com – Batu akik masih menjadi hits di negeri ini. Saking hitsnya, tidak peduli kalangan atas maupun kalangan bawah semua kini mulai menggemari batu akik. Sebagian pecinta batu akik sengaja mengumpulkan berbagai jenis batuan akik untuk dikoleksi namun sebagian yang lain menggelutinya sebagai bisnis.

Salah satu batu akik yang cukup popular adalah batu akik barjad api. Batu akik ini dikenal berasal dari Wonogiri, Jawa Tengah. Tetapi siapa yang menyangka, batu akik barjad api ternyata juga berasal dari luar angkasa.

Dalam jurnal Meteoritics and Planetary Science yang dipublikasikan pada 30 Juni 2015 lalu, Ilmuwan mengungkapkan telah ditemukan batu akik barjad api dengan berat 1,7 gram pada meteorit Nakhla yang berasal dari Mars. Barjad api atau fire opal ditemukan dengan pengamatan seksama dengan bantuan mikroskop electron. Ciri khas dari barjad api dengan warna merah menyala atau orange juga terlihat pada batuan meteorit itu.

Pimpinan studi, Martin lee, mengatakan, “potongan kecil dari meteorit Nakhla yang kita miliki mempunyai ukuran opal yang lebih kecil lagi. Tetapi ada beberapa hal yang menarik dari temuan opal ini.”

Yang pertama, penemuan opal di batuan meteorit ini merupakan penemuan yang pertama kali mengungkapkan benda yang berasal dari Mars memiliki opal. Hal ini sekaligus mengkonfirmasi penemuan lewat citra dan eksplorasi dari NASA yang mengungkapkan permukaan Mars memiliki deposit opal.

Yang kedua, opal yang ada di bumi, biasanya terbentuk oleh mikroba yang hidup di sekitar sumber air panas. Mikroba bisa terjebak di dalam opal selama jutaan tahun. Jika hal demikian juga terjadi di Mars, mungkin mikroba tersebut juga terjebak pada deposit opal Mars.

Lee menambahkan, penemuan ini perlu dilakukan studi yang lebih lanjut. Penemuan opal di Mars ini bisa membantu untuk mempelajari apakah pada masa lalu Mars pernah memiliki kehidupan.

Kembali lagi soal batu akik, pecinta akik tentu akan semakin bergairah dengan hasil temuan ini. Sebab, batu barjad api selain istimewa dengan warna khasnya ternyata juga merupakan batuan yang memiliki ciri yang sama dengan batuan Mars. Temuan ini akan semakin menambah nilai batu akik barjad api.

Leave a Reply