Home >> Properti >> Tips Amankan Rumah Saat Mudik Lebaran
Tips Amankan Rumah Saat Mudik Lebaran

Tips Amankan Rumah Saat Mudik Lebaran

Beritalamongan.com – tinggal hitungan hari lagi, hari raya idul fitri akan tiba. Artinya musim mudik lebaran juga bakal ramai sebentar lagi. Begitu pun dengan berbagai masalah saat mudik. Salah satunya adalah keamanan rumah yang ditinggal mudik.

Rumah yang kosong ditinggal oleh pemiliknya mudik kerap menjadi sasaran bagi para pencuri. Rumah yang tanpa penjagaan tersebut merupakan sasaran yang empuk melaksanakan untuk mengambil berbagai barang berharga pemilik rumah. Karena rumah kosong, sang pencuri bisa dengan leluasa menggeledah seisi rumah tanpa takut ketahuan.

Angka kriminalitas dengan kasus pencurian rumah kosong yang ditinggal mudik masih sangat tinggi. Selain pencurian, masalah lain yang kerap datang terhadap rumah kosong tersebut adalah kebakaran. Ya, pemiliki rumah yang lalai meninggalkan berbagai peralatan elektronik yang masih menancap ke stop kontak atau pun tabung LPG yang masih terhubung ke kompor bisa jadi menjadi pemicu utama terjadinya kebakaran di rumah tersebut.

Oleh karena itu, pemudik sebaiknya memperhatikan tips amankan rumah saat mudik lebaran:

  1. Kunci pintu dan jedela

Pastikan sebelum anda meninggalkan rumah dalam kondisi tanpa penjagaa, pintu dan jendel sudah terkunci rapat. Bila perlu tambahkan teralis besi dan gembok cadangan untuk mengamankan rumah dari dalam. Pintu dan jendela adalah jalan yang sering dimanfaatkan oleh para pencuri untuk masuk ke dalam rumah. Apalagi jika rumah anda memiliki pintu belakang, maka sebaiknya untuk sector yang satu ini tingkat kemananya semakin ditingkatkan.

  1. Stop berlangganan Koran atau majalah

Jika anda terbiasa berlangganan Koran atau majalah maka ketika anda memutuskan untuk mudik sebaiknya anda berhenti berlangganan Koran atau majalah. Sebab, Koran atau majalah yang diantar setiap hari dan menumpuk di depan rumah bisa membuat rumah anda tampak tak berpenghuni akibatnya bisa memancing pencuri untuk menandai rumah anda sebagai rumah kosong yang ditinggal mudik pemiliknya.

  1. Atur waktu lampu otomatis

Bila anda memiliki fasilitas yang bisa mengatur nyala lampu secara otomatis maka manfaatkan fitur tersebut untuk memberikan kesan bahwa rumah anda tidak kosong.

  1. Minta bantuan satpam atau tetangga untuk melihat kondisi rumah

Buatlah hubungan dan komunikasi yang baik dengan tetangga supaya ketika anda mudik mereka juga bersedia untuk membantu mengawasi rumah anda. Begitu pula dengan keberadaan satpam, jika anda tinggal di komplek atau perumahan yang ada satpamnya maka mintalah bantuan kepadanya untuk melihat kondisi rumah anda ketika anda mudik nanti.

  1. Cabut semua peralatan elektronik yang tidak perlu dari stop kontak

Beberapa kasus kebakaran rumah yang sering terjadi adalah saat pemudik membiarkan kabel peralatan elektronik mereka tetap menancap ke sumber listrik kemudian terjadi korsleting. Oleh karena itu sebaiknya cabut kabel yang tidak perlu untuk meminimalisir terjadinya hubungan pendek arus listrik yang menjadi kebakaran.

  1. Cabut regulator dari tabung LPG

Selain listrik, kebakaran juga bisa terjadi dari tabung LPG yang meledak. Tabung yang bocor akibat regulator terganggu atau karena factor yang lain bisa menjadi penyebab rumah mengalami kebakaran saat ditinggal mudik. Jadi sebelum mudik pastikan anda mencabut regulator dari tabung LPG kemudian menyimpan tabung di tempat yang aman.

Leave a Reply