Home >> Nasional >> Kementrian Agama Adakan Sidang Isbat Penentuan 1 Syawal 1436H pada 16 Juli 2015
penentuan 1 syawal masih menunggu keputusan dari sidang isbat pada 16 Juli 2015 mendatang

Kementrian Agama Adakan Sidang Isbat Penentuan 1 Syawal 1436H pada 16 Juli 2015

Beritalamongan.com – Ramadan sudah memasuki hari ke-21, ini artinya tinggal delapan atau Sembilan hari lagi umat muslim akan merayakan hari raya idul fitri 1436H. memang sampai sekarang pemerintah melalui kementrian agama belum bisa memberikan secara pasti kapan hari raya idul fitri 1436H itu tiba? Sebab, penentuan 1 syawal masih menunggu keputusan dari sidang isbat pada 16 Juli 2015 mendatang.

“terkait penetapan 1 syawal, pemerintah akan menggelar sidang isbat pada 16 Juli nanti. Pada sidang tersebut, pemerintah akan mengundang tokoh agama dan ahli astronomi,” kata Lukman Hakim Saifudin, Menteri Agam.

Seperti pada sidang isbat penentuan awal Ramadan sebelumnya, kementrian juga akan menugaskan sejumlah perukyat yang telah disumpah untuk melakukan observasi hilal di sejumlah titik pengamatan hilal yang ada di seluruh Indonesia.

Untuk Ramadan tahun ini, ormas islam seperti NU, LDII dan Muhammadiyah kompak menetapkan awal Ramadan mereka. Berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya di mana Muhammadiyah menetapkan awal Ramadan lebih awal dari pada yang ditetapkan oleh pemerintah.

Lalu bagaimana dengan penentuan 1 syawal 1436 H?

Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menetapkan 1 syawal 1436 H mereka jatuh pada tanggal 17 Juli 2015. Sementara untuk ormas lain seperti NU dan LDII masih menunggu keputusan dari sidang isbat penentuan 1 syawal dari pemerintah.

Menurut menteri Agama, Lukman Hakim, ada kemungkinan perayaan hari raya idul fitri tahun ini tidak bisa dilakukan serentak oleh sebagian besar umat islam di Indonesia.

“jika pada tanggal 16 Juli hilal sudah terlihat memenuhi syarat maka esok harinya umat muslim akan melaksanakan salat ied. Tetapi jika pada tanggal tersebut hilal masih belum memenuhi syarat maka Ramadan akan digenapkan menjadi 30 hari dan hari raya idul fitri jatuh satu hari setelahnya,” ungkap Lukman.

Pada intinya pemerintah tetap akan menunggu keputusan dari hasil sidang isbat penentuan 1 syawal. Namun Lukman sebenarnya berharap hari raya idul fitri tahun ini bsia dirayakan secara serentak oleh seluruh umat muslim di Indonesia.

“kemungkinan beda itu ada tetapi kemungkinan sama juga bisa. Kami berharap semuanya bisa satu pandangan dalam menentukan hilal. Tetapi kalau pun terjadi perbedaan pendapat dalam melihat hilal, maka semuanya juga harus berjiwa besar dan saling menghargai,” tegasnya.

Leave a Reply