Home >> Berita Jatim >> Ikan Mabuk di Kali Porong
ribuan ikan kali Porong mati

Ikan Mabuk di Kali Porong

Beritalamongan.com – Masyarakat Sidoarjo yang tinggal di sekitar kali Porong dihebohkan dengan fenomena ikan mabuk. Ikan tersebut tiba – tiba mengambang seperti sedan berenang terbalik. Masyarakat yang heran kemudian dibuat bertanya – tanya, apakah penyebab ikan mabuk di Kali Porong?

Pertanyaan tersebut akhirnya terjawab setelah Ecoton (Lembaga Kajian Ekologi dan Konservasi Lahan Basah) melakukan penelitian dan telah berhasil mengungkap penyebab ikan mabuk di Kali Porong. Mereka menyebut bahwa penyebab ikan mabuk adalah mutu air kali Porong.

Peristiwa yang terjadi pada tanggal 3 Juli 2015 lalu itu mengakibatkan ribuan ikan kali Porong mati. Pada tanggal 5 dan 6 Juli, Tim dari Ecoton yang terjun ke Kali Porong kemudian melakukan penelitian. Dari hasil penelitian, matinya ikan – ikan tersebut dikarenakan limbah pabrik yang diduga dibuang ke kali Porong.

“sumber pencemaran Kali Porong, diduga kuat berasal dari limbah yang dibuang ke Kali. Limbah tersebut kemudian membuat kualitas air kali Porong menurun. Limbah ini diduga kuat berasal dari pabrik yang ada di Mojokerto,” ungkap Prigi Arisandi, Direktur Ecoton.

Peristiwa serupa juga pernah terjadi sebelumnya. Tepatnya pada Juni 2014 lalu. Banyak ikan di kali Porong yang mabuk kemudian mati. Akibat tercemarnya air kali oleh limbah pabrik membuat ekosistem kali porong rusak. Meskipun demikian tidak ada tindakan tegas baik dari pemerintah daerah maupun pemerintah pusat.

Prigi mengatakan pihaknya meminta agar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU Pera) turun tangan mengatasi pencemaran di kali Porong. Sebab, selama ini tidak ada tindakan tegas kepada mereka yang telah mencemari kali porong.

Terkait dengan peristiwa mabuknya ikan di kali porong pada tanggal 3 juli lalu, Ecoton telah melaporkan kejadian tersebut. Mereka juga menutut agar Menteri PU Pera melakukan investigasi dan antisipasi terhadap kejadian matinya ribuan ikan di kali Porong tersebut.

Ada tiga tuntutan Ecoton kepada kementrian Pu Pera:

  1. Ecoton menutut agar Kementrian PU Pera malukan investigasi sumber pencemaran kali Porong. Kemudian melakukan upaya tindakan dan upaya huku kepada pelaku pencemaran
  2. Pemerintah supaya memberikan informasi kepada masyarakat terkait kemanan mengkonsumsi ikan mabuk atau ikan yang telah mati akibat pencemaran limbah tersebut.
  3. Ecoton meminta agar di masa mendatang ada upaya untuk mengantisipasi apabila terjadi kematian ikan besar – besaran di kali porong seperti memasang alat pantau atau membentuk tim pengawas kali porong.

Leave a Reply