Home >> Opini >> PP Muhammadiyah Sudah Menetapkan 1 Syawal
1 syawal akan jatuh tepat pada tanggal 17 juli 2015

PP Muhammadiyah Sudah Menetapkan 1 Syawal

Beritalamongan.com – Hari ini Ramadan sudah memasuki hari ke-21. Umat muslim tentu semakin merasa bahagia karena hari kemenangan semakin dekat. Jika pada normalnya Ramadan dihitung 30 hari maka Sembilan hari lagi umat muslim di seluruh dunia akan mulai menyuarakan gema takbir. Tetapi jika ternyata pada hari ke-29 hilal sudah terlihat, maka Ramadan tinggal 8 hari lagi.

Pada Ramadan sebelumnya, beberapa ormas islam di Indonesia memiliki perhitungan sendiri dalam menentukan hilal sehingga jatuhnya awal Ramadan dan akhir Ramadan ormas tersebut bisa berbeda. Salah satunya adalah Muhammadiyah. Mereka memiliki metode khusus untuk menghitung hilal. Mereka menyebutnya hisab hakiki wujudul hilal.

Begitu pun dengan tahun ini, Muhammadiyah masih meyakini ilmu hisab yang mereka gunakan adalah ilmu falaq atau ilmu pasti. PP Muhammdiyah telah menetapkan awal Ramadan tahun ini jauh hari sebelum pemerintah pusat melalui Majelis Ulama Indonesia (MUI) melaksanakan sidang isbat. Dan secara kebetulan, sidang isbat juga memutuskan awal Ramadan sama dengan hari yang telah ditetapkan oleh PP Muhammadiyah sebelumnya.

Selain telah menetapkan awal Ramadan, PP Muhammadiyah juga telah menetapkan 1 syawal atau akhir Ramadan. Pimpinan Pusat Muhammadiyah secara resmi telah menetapkan 1 Syawal 1436 H jatuh pada hari Jumat (17 / 7 /2015).

Penetapan tersebut berdasarkan tiga criteria yang telah terpenuhi dalam hisab hakiki wujudul hilal. Tiga criteria tersebut antara lain:

  1. Sudah terjadi ijtimak atau konjungsi antar bulan dan matahari
  2. Ijtimak terjadi sebelum matahari terbenam
  3. Ketika matahri terbenam, bulan masih berada di atas ufuk

Ketiga criteria di atas, menurut perhitungan mereka telah terpenuhi pada kamis 16 Juli nanti. Pada tanggal tersebut, posisi bulan masih berada di atas ufuk dengan ketinggian tiga derajat. Berdasarkan perhitungan tersebut, maka Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan 1 syawal 1436 H jatuh pada hari kamis 16 Juli nanti. Jika dikonversi ke kalender masehi, maka 1 syawal akan jatuh tepat pada tanggal 17 juli 2015.

Sementara pemerintah masih belum menetapkan 1 syawal. Seperti agenda yang biasa mereka lakukan, pemerintah melalui MUI akan melakukan sidang isbat kembali untuk menetapkan awal 1 syawal 1436 H dengan melakukan observasi terhadap hilal.

Leave a Reply