Home >> Wisata >> Kuliner >> Sensasi Pedas Nikmat Tahu Gejrot Khas Cirebon

Sensasi Pedas Nikmat Tahu Gejrot Khas Cirebon

Jika anda berkunjung ke sekitar provinsi jawa barat, terutama sekitaran kota cirebon, panganan wajib yang harus anda coba adalah tahu gejrot khas dari kota tersebut. masakan yang tersaji dalam cita rasa khas pedas gurih ini merupakan salah satu bentuk olahan kreatif dari bahan pokok tahu. Bahan pokok yang terbuat dari kedelai ini akan sangat lezat dijadikan camilan sehat ataupun teman makanan utama. Makanan yang termasuk dalam kategori ringan khas dari cirebon ini cukup murah dan mudah dibuat, namun akan lebih nikmat jika dinikmati bersama dengan teman, organinsasi, komunitas ataupun bersama keluarga. Keadaan yang ramai akan menambah kenikmatan dari sajian kuliner khas asli dari cirebon ini.

Kuliner tahu gejrot merupakan salah satu panganan yang masih terbilang langka kecuali di daerah asalnya. Anda bisa menikmati olahan tahu yang nikmat ini dengan harga yang cukup terjangkau. Berasal dari bahan baku tahu goreng yang kemudian dipotong kecil-kecil tanpa diberikan bumbu apapun. Sehingga tahu polosan ini tidak akan mempengaruhi rasa dari sambel yang menemani sajian ini. sajian yang biasa disajikan dalam layah kecil ini akan sangat nikmat disantap ketika masih panas kukuh. Penyajian ini akan berbeda-beda mengikuti kebijakan dari rumah makan tersebut. namun rasa masakan dari tahu ini akan lebih nikmat jika disajikan dalam layah yang terbuat dari tanah liat sehingga bumbu akan lebih sedap terasa.

Pembuatan dan penyajian kuliner tradisional ini cukup mudah dan mudah ditemukan. Asal bumbu sambel pedas gurih yang terbuat dari ulekan bawang putih, cabe, bawaang merah, dan gula yang dihaluskan sampai lebut kemudian diberi sedikit kuah hingga menjadi agak kental untuk menemani atau disiramkan ke tahu gejrot ini. masakan yang akrab menjadi jajanan khas dari berbagai usia ini akan memberikan sensasi rasa pedas yang bisa diatur tingkatannya sesuai dengan selera penikmatnya. Banyak pula yang memberikan taburan bawang goreng sebagai penggugah selera dan menambah aroma sedap harum pada masakan kecil ini. Banyak pula masakan ini menggunakan bahan pokok tahu sumedang jika tidak menggunakan tahu polosan yang bisa ditemukan di pasar. Proses pembuatan jajanan murah meriah ini membuatnya tampil dengan rasa khas yang tidak kalah dengan jajanan tradisional lainnya.

Para penikmat tahu gejrot ini juga ketagihan karena cara memakannya yang terbilang cukup unik. Cara menyantap dengan menggunakan satu lidi kecil yang kmudian di tusukkan pada satu tahu yang berbentuk kecil itu. Setelahnya barulah dioleskan ke dalam bumbu dalam layah. Jajanan khas dari kota udang ini telah menyebar ke sebagian kota di jawa barat seperti jakarta, depok, tangerang, dan beberapa kota besar lainnya. hal ini dikarenakan selain murah, cita rasa nikmat yang tak tertahankan membuat olahan tahu kreatif ini cukup diminati. Usut punya usut, jajanan ini juga cocok untuk dikonsumsi bagi anda yang sedang diet karena rendah lemak dan cukup awet mengenyangkan.

Leave a Reply