Home >> Berita Jatim >> Polres Gresik Gunakan Drone Pantau Arus Mudik Lebaran
Satlantas Polres Gresik memanfaatkan drone untuk memantau arus mudik di sepanjang jalur pantura Duduksampeyan, Gresik

Polres Gresik Gunakan Drone Pantau Arus Mudik Lebaran

Beritalamongan.com – tinggal hitungan hari lagi musim mudik lebaran akan tiba. Para pemudik pun sudah jauh hari mulai bersiap untuk musim mudik tahun ini. Tiket yang disediakan untuk pemudik juga telah ludes bahkan sejak awal pemesanan tiket dibuka. Bagi yang tidak kebagian tiket, pilihan mudik untuk menggunakan kendaraan pribadi adalah pilihanya. Jalur pantura adalah masih menjadi jalur utama bagi para pemudik.

Jalur yang menjadi langganan para pemudik ini tiap tahun selalu dipenuhi oleh kendaraan pemudik. Polisi terkadang kuwalahan untuk mengurai padatnya lalu lintas. Sejumlah petugas yang dikerahkan di lapangan juga belum bisa berbuat banyak apabila kepadatan kendaaran sudah menyerbu dari berbagai arah.

Di zaman yang sudah canggih ini, dengan ditemukanya berbagai teknologi termutakhir Polisi bisa terbantukan mengatur arus lalu lintas. Salah satu alat canggih yang akan dimanfaatkan oleh Polisi adalah Drone.

Satlantas Polres Gresik memanfaatkan drone untuk memantau arus mudik di sepanjang jalur pantura Duduksampeyan, Gresik. Menurut Kasatlantas Polres Gresik AKP Hary Sahputra, pemanfaatan drone bisa sangat efektif untuk memantau pergerakan arus lalu lintas pemudik melalui udara.

Dari pemantauan udara, drone bisa menunjukan titik – titik kemacetan yang terjadi di sepanjang jalur pantura Duduksampeyan. AKP Hary menambahkan, pihaknya juga telah memberi batas titik black spot. Dengan bantuan drone, petugas bisa mengetahui di titik mana saja kemacetan terjadi. Informasi yang diberikan oleh drone bisa langsung diterima secara real time jadi petugas satlantas juga bisa menerapkan system buka tutup untuk mengurai kemacetan yang terjadi di titik kemacetan yang telah terpantau oleh drone.

“drone bisa melihat titik di mana kemacetan terjadi dan titik mana yang bisa cepat diurai kemacetanya. Jadi drone bisa sangat efektif untuk digunakan memantau lalu lintas mudik lebaran nanti,” ujar AKP Hary.

Satlantas polres gresik bukan hanya mempersiapkan drone untuk memantau arus mudik lebaran tetapi juga untuk memantau arus balik. Hal ini semata agar lalu lintas arus mudik dan arus balik tetap berjalan lancar dan diharapkan bisa membantu mengurai kemacetan.

“petugas satlantas polres gresik siap stand by di jalur pantura Duduksampeyan saat arus mudik dan arus balik lebaran nanti. Kami juga akan dibantu oleh drone melalui udara,” kata AKP Hary.

Leave a Reply