Home >> Wisata >> Kuliner >> Pisang, Makanan Tambahan yang Cocok untuk Sahur
Salah satu makanan tambahan yang sangat direkomendasikan untuk santap sahur adalah pisang

Pisang, Makanan Tambahan yang Cocok untuk Sahur

Beritalamongan.com – Makan sahur sangat penting bagi orang berpuasa. Meski hukumnya sunnah tapi mengisi daftar menu dengan makanan yang bergizi wajib hukumnya supaya puasanya kuat seharian. Selain makan utama atau makanan pokok, sebaiknya juga mengkonsumsi makanan tambahan yang cocok untuk sahur. Salah satu makanan tambahan yang sangat direkomendasikan untuk santap sahur adalah pisang.

Buah dengan warna kuning dan bentuknya panjang ini merupakan makanan yang kaya akan nutrisi. Buah ini sangat bagus untuk kesehatan. Selain itu buah pisang juga memiliki manfaat untuk membuat suasana hati atau mood seseorang menjadi bahagia. Oleh karena itu buah pisang cocok untuk makanan tambahan sahur.

Bagi orang yang berpuasa, selain menahan diri untuk makan dan minum, mereka juga harus bisa mengendalikan emosi. Yang dimasud emosi di sini adalah emosi yang bisa membuat suasana hati orang yang berpuasa menjurus ke amarah. Ketika berpuasa, seseorang tidak boleh marah apalagi sampai meledak – ledak.

Menurut ahli gizi, Grace Judio, Pisang kaya akan B6. Vitamin ini bisa menjadi serotonin yang bisa menimbulkan rasa bahagia. Manfaat dari pisang inilah yang bisa menjaga mood seseorang ketika berpuasa tidak mudah marah.

Grace menambahkan pisang memiliki indeks glikemi yang rendah. Makan pisang di waktu sahur, bisa menjaga gula dalam darah naik secara pelan – pelan. Selain itu kandungan seratnya yang cukup tinggi bisa mengenyangkan.

Pisang sangat cocok dikonsumsi untuk mereka yang menderita tekanan darah tinggi. Kandungan potassium yang tinggi berguna untuk melebarkan pembuluh darah sehingga tekanan darah akan terjaga. Pisang juga merupakan salah satu buah yang memiliki antioksidan tinggi. Kandungan nutrisi tersebut mampu menakal radikal bebas yang memicu terjadinya kanker.

Meskipun pisang cukup mengenyangkan namun pisang hanyalah makanan tambahan untuk menu sahur. Untuk makanan utama, tetap harus memiliki nilai gizi yang seimbang. Supaya puasa tetap kuat dan bertenaga, mengkonsumsi protein yang tinggi bisa membuat rasa kenyang lebih lama. Protein bisa didapatkan dari daging, telur atau makanan lainya. Selain itu, mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks tinggi serat seperti beras merah juga sangat dianjurkan sebagai daftar menu sehat untuk sahur.

Leave a Reply