Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Tips Melahirkan Normal Tanpa Rasa Sakit
gambar ilustrasi melahirkan secara normal tanpa rasa sakit

Tips Melahirkan Normal Tanpa Rasa Sakit

Beritalamongan.com – Ketika usia kehamilan wanita sudah memasuki trimester akhir, mereka biasanya mulai memikirkan tentang proses kelahiran sang buah hati nanti. Kebanyakan berpikir bahwa proses melahirkan secara normal itu menyakitkan. Apalagi bagi kehamilan pertama, berbagai cerita miring bisa membuat proses melahirkan semakin menakutkan.

Bagi mereka yang keburu parno dengan rasa sakit itu lebih memilih melahirkan secara sesar. Padahal melahirkan secara normal tidaklah semenakutkan itu. Bahkan dokter kandungan Michel Odent mengatakan proses kelahiran normal bisa dilakukan tanpa rasa sakit.

Menurut Michel kunci keberhasilan proses kelahiran normal tanpa rasa sakit adalah dengan berhenti memikirkan tentang bagaimana proses melahirkan nanti. Terutama membayangkan bahwa melahirkan itu merupakan pengalaman yang menyakitkan. Mantan kepala unit bersalin dan bedah di rumah sakit Pithiviers, Perancis ini menjelaskan, ketika pikiran tentang melahirkan itu muncul, pikiran tersebut akan menghalangi kemampuan untuk melahirkan secara alami.

Sebaliknya, ketika wanita berhenti memikirkan persalinanya, maka mereka akan mengalami “reflex ejeksi janin”. Kondisi tersebut tanpa disadari akan membuat wanita berhasil melahirkan bayinya dengan lancar.

Michel menambahkan, suami juga tidak harus menemani sang istri di dalam ruang bersalin. Kehadiran suami bagi sebagian wanita memang bisa menguatkan mental mereka. Tetapi kehadiran suami bagi sebagian yang lain justru bisa membuat wanita tidak bisa berhenti berpikir mengenai proses kelahiran yang akan dialami nantinya.

Selain itu, suasana ruang bersalin juga dipercaya bisa menjadi factor yang mempengaruhi proses kelahiran. Suasana penerangan ruangan yang terlalu terang bisa menghambat pelepasan hormone melatonin. Hormon tersebut sangat penting untuk membantu proses kelahiran. Di dalam tubuh, hormone melatonin akan bekerja sama dengan hormone oksitosin yang berguna mendorong terjadinya kontraksi. Saat akan melahirkan wanita memang akan beberapa kali mengalami kontraksi. Dan itu merupakan gejala normal saat akan melahirkan. Jadi wanita tidak perlu takut saat mengalami kontraksi. Usahakan pikiran tetap tenang dan tidak terbebani dengan pikiran yang negative tentang melahirkan. Terutama berpikiran tentang rasa sakit saat melahirkan.

Ketika di dalam ruang bersalin, peran bidan dalam mendampingin sang calon ibu sangatlah penting. Bidan dituntut harus bisa menenangkan pikiran sang ibu hamil sebelum melakukan persalinan. Jika pikiran ibu hamil tenang atau rileks, maka proses melahirkan akan lancar, mudah dan cepat.

Leave a Reply