Home >> Berita Jatim >> ITS Garap Motor Listrik dengan Komponen Buatan Lokal
Garasindo Inter Global (GIG) mempercayakan Institute Teknologi Surabaya (ITS) untuk menggarap motor listrik

ITS Garap Motor Listrik dengan Komponen Buatan Lokal

Beritalamongan.com – Dianggap sukses memproduksi komponen motor listrik, Garasindo Inter Global (GIG) mempercayakan Institute Teknologi Surabaya (ITS) untuk menggarap motor listrik. Tahun ini, ada dua model prototype yang ditargetkan yang akan diperkenalkan ke public. Dua model tersebut yakni model skutik dan model cafe racer. Menurut GIG model matik adalah yang paling berpotensi untuk diproduksi. Rencananya, pada 2017 nanti motor matik listrik akan masuk pasar local dan akan dijual dengan harga yang kompetitif dengan motor matik konvensional.

Motor listrik buatan ITS dirancang dengan berbagai komponen yang hamper semuanya buatan dalam negeri. Komponen tersebut merupakan komponen milik Murni Karya, tim riset sepeda motor listrik ITS.

GIG dikabarkan akan meluncurkan prototype motor listrik tersebut pada bulan Agustus nanti. Saat ini proses pengerjaan motor terus dikebut. Motor listrik tersebut juga akan melewati serangkaian uji dulu seperti uji kelayakan jalan, uji jalan, kemanan, elektromagnetik dan lain sebagainya.

Mengenai spesifikasi motor, belum ada bocoran lebih detail yang bisa diberikan. Sebab ketua tim Motor Listrik ITS, Muhamad Nur Yuniarto menolak untuk memberikan informasi lebih detail tentang spesifikasi motor listrik tersebut karena alasan kepentingan riset.

Namun dia memberikan bocoran bahwa motor listrik tersebut memiliki teknologi penggerak yang lebih cepat dari pada motor konvensional berbahan bakar minyak. Motor listrik juga akan memiliki bodi yang lebih besar karena disesuaikan dengan berat motor itu sendiri. Komponen listrik yang dibenamkan di dalamnya seperti controller dan Battery Management System (BMS) membuat motor listrik menjadi lebih berat.

Hampir semua komponen yang ditanamkan di dalam motor listrik tersebut merupakan produk dalam negeri. Hanya ada beberapa komponen yang terpaksa didatangkan langsung dari luar negeri sebab komponen tersebut tidak ada di Indonesia. Beberapa komponen seperti magnet dan baterai merupakan produk impor yang mereka gunakan.

Jika motor listrik tersebut berhasil lulus uji maka ini akan menjadi kesuksesan anak bangsa dalam menciptakan produk inovatif yang sarat komponen dalam negeri. Dipilihnya ITS oleh GIG bukan tanpa sebab. ITS dinilai telah sukses memproduksi komponen sepeda motor listrik dan produk tersebut telah berhasil menembus hingga pasar jepang.

Leave a Reply