Home >> Tekno >> Internet >> Logo Baru Facebook
Facebook secara diam – diam telah mengganti desain logo mereka

Logo Baru Facebook

Beritalamongan.com – Salah satu jejaring social yang masih cukup popular hingga saat ini adalah Facebook. Jumlah pengguna baru dan pengguna lama yang masih aktif mencapai jutaan pengguna setiap bulanya. Pengguna Facebook mungkin tidak menyadari bahwa ada yang berbeda dengan Facebook saat ini. Jika diperhatikan secara detail perubahan akan terlihat pada Logo baru Facebook.

Facebook secara diam – diam telah mengganti desain logo mereka. Sejak tahun 2005, Facebook memang belum pernah mengganti logonya. Wacana untuk penggantian logo sempat tersiar pada tahun 2015. Namun wacana tersebut hanya berlalu begitu saja.

Logo baru Facebook memang terlihat tidak terlalu berbeda dengan logo yang lama. Bahkan ketika pengguna mengakses Facebook dari ponsel, logo baru Facebook tetap terlihat huruf “f” putih dengan background biru. Hampir tidak ada perbedaan yang berarti.

Perbedaan sesungguhnya akan terlihat jelas ketika pengguna melihat tulisan Facebook secara utuh. Pada logo baru Facebook, terlihat pemilihan font yang lebih ringan, menggunakan desain huruf ala Franklin Gothic. Perbedaan sangat jelas terlihat pada penggunaan huruf “a” pada tulisan Facebook. Jika pada logo lama Facebook huruf “a” memiliki tangkai di bagian atas, pada logo baru Facebook huruf “a” tidak memiliki tangkai lagi di bagian atasnya.

Perbedaan selanjutnya ada pada ketebalan huruf. Pada logo lama Facebook, setiap huruf pada tulisan utuh Facebook terlihat lebih pekat dari pada logo baru Facebook. Begitu pun dengan jarak antar huruf. Pada logo lama Facebook, jarak masing – masing huruf terlihat lebih rapat. Sementara logo baru Facebook memiliki jarak antar huruf yang sedikit lebih renggang. Perubahan logo baru Facebook memberikan kesan yang lebih ringan, muda dan santai.

Menurut Josh Higgins, Kepala Kreatif Facebook, pihak Facebook memang sengaja tidak melakukan perombakan secara menyeluruh pada desain logo lama Facebook. Mereka hanya merancang desain logo baru yang lebih ramah mata. Wacana yang sudah dibuat sejak tahun 2012 lalu akhirnya baru terealisasikan pada tahun 2015 ini. Barulah secara resmi Facebook menggunakan logo baru mereka pada Rabu kemarin (1 / 7 / 2015).

Leave a Reply