Home >> Wisata >> Menikmati Indahnya Danau Linow
Danau Linow Danau Tiga Warna

Menikmati Indahnya Danau Linow

Beritalamongan.com – Kota Seribu kembang merupakan julukan Kota Tomohon. Julukan ini bukan tanpa sebab, Tomohon memiliki iklim yang sejuk. Karena sejuknya itulah banyak bunga yang tumbuh subur di wilayah tersebut. Iklim yang sejuk di Tomohon disebabkan oleh letaknya yang diapit oleh dua gunuk yakni gunung Lokon dan gunung Mahawu.

Keindahan landscape Tomohon bukan hanya dari hamparan bunga yang luas dan iklim yang sejuk, Tomohon masih menyimpan keindahan lain yaitu Danau Linow. Danau ini terkenal akan keeksotisanya. Danau Linow berbeda dengan danau pada umumnya sebab danau tersebut memiliki 3 warna air yang berbeda.

Penyebab perbedaan warna danau Linow adalah kandungan belerang yang ada di dalamnya. Danau Linow bukanlah danau buatan manusia. Danau Linow yang terbentuk akibat aktivitas vulkanik gunung Mahawu. Gunung tersebut masih aktif hingga sekarang.

Danau Linow terletak tidak terlalu jauh dari pusat kota Manado. Jika ditempuh dari pusat kota jaraknya hanya 30 km atau sekitar 1 jam perjalanan. Ketika memasuki area danau, aroma dari belerang langsung tercium. Meskipun demikian, keindahan warna dari danau Linow yang berubah – ubah mampu menyihir mata anda untuk menikmati keindahan alam danau Linow.

Danau Linow merupakan tempat yang eksotis yang harus masuk dalam daftar destinasi wisata alam terbaik. Dengan berlatarkan pemandangan gunung Lokon dan pepohonan pinus di sekitar danau Linow, membuat mata pengunjung menjadi lebih segar untuk melihat jauh ke alam bebas.

Jika pengunjung ingin masuk ke area danau, pengunjung tidak perlu merogoh kocek yang dalam untuk mendapatkan tiket masuk. Pengelola resmi danau hanya menetapkan tiket masuk sebesar Rp 25 ribu. Harga tersebut sudah termasuk sajian kopi khas Minahasa yang nikmat untuk diminum sambil menikmati keeksotisan alam danau Linow.

Danau Linow memiliki luas sekitar 35 hektar dengan kedalaman sekitar 5 meter. Warna air danau Linow bisa berubah – ubah bisa berwarna biru, hijau dan coklat kekuningan. Selain disebabkan oleh kandungan belerang, perubahan warna tersebut juga dipengaruhi oleh pembiasan cahaya dan pantulan dari vegetasi yang ada di sekeliling danau.

Untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung danau Linow, pengelola membangun jembatan dari kayu yang digunakan sebagai akses menuju bibir danau. Di ujung jembatan ada sarana wisata perahu kayuh dan kano. Perahu kayu bisa muat hingga empat orang disewakan dengan tariff Rp 50 ribu perjam. Sedangkan untuk kano tariff sewanya Rp 60 ribu perjam.

Leave a Reply