Home >> Umum >> Bintang Bethlehem Muncul Petang ini

Bintang Bethlehem Muncul Petang ini

Beritalamongan.com – Bintang Bethlehem yang menjadi penuntun para Majus membuat para astronom tertarik untuk mengungkapnya. Sejumlah astronom dunia mengungkapkan bahwa bintang Bethlehem sebenarnya adalah konjungsi dari dua planet. Karena saking dekatnya dua planet tersebut terlihat menjadi seperti satu objek.

Dalam jurnal The Planetarium 1991, William Bidelman dari Case Western Reserve University menjelaskan bahwa dua planet, Venus dan Jupiter pernah berkonjungsi pada abad ke-2 dan ke-3 sebelum masehi. Konjungsi dua planet tersebut kemudian disebut sebagai bintang Bethlehem. Fred Schaff, ahli astronomi, dalam majalah Omni Oktober 1991 menyatakan hal yang sama.

Petang ini, Rabu (1 / 7 / 2015) Venus dan Jupiter akan kembali mengalami Konjungsi. Ini artinya petang ini kita bisa melihat seperti apa bintang Bethlehem tersebut.

Motuho Arkanuddin, Pembina Jogja Astro Club mengatakan Venus dan Jupiter akan mengalami konjungsi dalam jarak yang paling dekat dan beruntung bagi kita yang tinggal di Indonesia bisa melihat konjungsi tersebut. Jarak di bumi belahan lain seperti di Amerika, konjungsi Venus dan Jupiter tidak terlihat sebegitu dekat seperti yang terlihat dari Indonesia.

Untuk bisa melihat bintang Bethlehem petang ini caranya sangat mudah. Tinggal arahkan pandangan ke arah barat maka bintang Bethlehem akan langsung terlihat. Bintang ini bisa dilihat sejak matahari terbenam atau saat datang waktu berbuka. Kedua planet tersebut akan terlihat begitu terang dengan magnitudo masing – masing sekitar -3,63 dan – 0,83. Tidak perlu menggunakan teropong atau alat bantu yang lain, hanya dengan mata telanjang kita bisa melihat langsung bintang Bethlehem. Fenomena alam ini bisa diamati hingga pukul 20.00 WIB atau setelah waktu tarawih.

Beruntung seluruh wilayah Indonesia bisa menyaksikan fenomena kemunculan bintang Bethlehem lagi. Fenomena ini bukanlah fenomena tahunan atau fenomena yang bisa disaksikan kapan pun. Menurut Mutoha, jika ingin menyaksikan fenomena bintang Bethlehem lagi butuh waktu yang cukup lama. Langit yang terlihat cerah malam ini akan membuat bintang Bethlehem semakin terlihat terang sinarnya.

Leave a Reply