Home >> Internasional >> Tumbangkan Peru, Cile Melangkah ke Final Copa Amerika 2015
Cile melangkah ke final Copa Amerika 2015

Tumbangkan Peru, Cile Melangkah ke Final Copa Amerika 2015

Beritalamongan.com – Cile akhirnya memastikan diri satu tempat di final Copa Amerika 2015 usai mengalahkan Peru dengan skor 2 – 1. Butuh perjuangan yang keras bagi Cile untuk mengalahkan Peru. Beruntung, salah satu pemain dari Peru mendapatkan kartu merah sehingga keunggulan pemain bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Cile.

Laga yang digelar di Stadion Nasional Julio Martinez Pradanos pada senin malam waktu setempat atau selasa pagi WIB berjalan sangat seru dan diwarnai dengan kontroversi. Adu taktik dari kedua pelatih membuat pertandingan dari kedua kubu berjalan cukup alot. Beruntung pada menit ke-20 Carloz Zambrano, salah satu pemain dari Peru mendapatkan kartu merah setelah melakukan pelanggaran terhadap pemain Cile Charles Araguiz. Keputusan yang dianggap kontroversial tersebut kemudian diprotes oleh para pemain Peru. Dihujani protes dari para pemain Peru tetap tidak membuat keputusan wasi Jose Argote berubah.

Meski sudah kalah dalam jumlah pemain, Peru tetaplah tim yang tangguh. Gol untuk Cile baru tercipta pada menit ke-42. Menerima umpan manis dari Alexis Sanches, Aranguis mencoba melepaskan tembakan tetapi bola hanya bisa mencium tiang. Bola yang terpental berada tidak jauh dari jangkuan Eduardo Vargas. Dengan sepakan akurat, bola sepakan Vargas berhasil menghujam jala Peru yang dijaga oleh Pedro Gallese. Kedudukan sementara 1 – 0 untuk keunggulan Cile

Unggul pemain dan unggul satu gol, melecut semangat para pemain Cile untuk menambah gol di babak kedua. Gempuran serangan dari Cile langsung terlihat dari usaha mereka yang terus menekan pertahanan Peru sejak kick off babak kedua dimulai.

Terlalu asyik untuk keluar menyerang harus dibayar dengan mahal oleh Cile. Serangan yang gagal mereka bangun menjadi bumerang bagi mereka. Pada menit ke-60, diawali dari Jose Pulo Guerrero, Peru membuat serangan balik yang langsung menusuk ke jantung pertahanan Cile dari sisi kanan. Menerima umpan dari Jose Paulo Guerrero, Luis Advincula langsung berlari dengan cepat menyisir sisi kiri pertahanan Cile.

Sementara di dalam kotak penalti, Andre Carrillo telah menunggu untuk diberi bola. Umpan silang yang dilepaskan oleh Luis Advincula yang mengarah ke Andre Carrillo berusaha dipotong oleh Gary Medel. Niat ingin memotong umpan malah membuat bola mengarah ke gawang sendiri. Gol bunuh diri Medel tersebut akhirnya membuat skor menjadi imbang 1 sama.

Kebahagiaan pada pendukung dan pemain Peru tidak berlangsung lama. Empat menit berselang, Medel membayar kesalahanya. Umpan yang dilepaskan Medel ke Vargas berhasil diselesaikan dengan baik. Bola yang dilesatkan oleh Vargas mengarah tepat ke sudut yang tidak bisa dijangkau oleh penjaga gawang Peru. Papan skor kembali berubah, Cile unggul 2 – 1 atas Peru.

Tertinggal satu angka, Peru kemudian mengganti strategi bermain yang lebih menyerang dengan memasukan Claudio Pizzaro dan Victor Yuton. Tetapi, strategi tersebut tidak cukup untuk mengejar devisit satu gol di waktu yang tinggal sekian menit. Hingga peluit panjang ditiup, skor 2 – 1 untuk kemenangan Cile atas Peru tidak berubah. Dengan kemenangan ini, Cile melangkah ke final Copa Amerika 2015.

Satu tiket final Copa Amerika 2015 telah diambil oleh Cile. Selanjutnya mereka tinggal menunggu lawan berikutnya antara Argentina atau Paraguay. Final Copa Amerika 2015 akan dilaksanakan pada Sabtu (4 / 7 / 2015). Sementara untuk perebutan tempat ketiga pada hari Jumat (3 / 7 / 2015).

Leave a Reply