Home >> Peristiwa >> Sesaat Sebelum Pesawat Hercules TNI AU Jatuh di Kawasan Perumahan Medan

Sesaat Sebelum Pesawat Hercules TNI AU Jatuh di Kawasan Perumahan Medan

Beritalamongan.com – Siang tadi, Selasa (30 / 6 / 2015) sekitar pukul 11.50 WIB pesawat Hercules TNI AU jatuh di kawasan perumahan yang ada di jalan Ginting, Medan, Sumatera Utara. Belum diketahui pasti apa penyebab jatuhnya pesawat naas tersebut dan berapa banyak korban tewas dari peristiwa kecelakaan tersebut. Aparat kepolisian dan TNI masih terus melakukan evakuasi terhadap para korban jatuhnya pesawat milik TNI AU itu.

Sesaat sebelum pesawat hercules jatuh, seorang warga yang tinggal di kawasan perumahan tersebut mengaku telah melihat ada kepulan asap dari ekor pesawat. Saat itu posisi pesawat juga sedang terbang rendah sebelum akhirnya jatuh di atas kawasan perumahan.

“pesawat saat itu terlihat terbang rendah dan terlihat ekor pesawatnya terbakar. Tak lama berselang, pesawat itu pun akhirnya jatuh,” tutur Beru Ginting.

Setelah pesawat Herculas TNI AU jatuh, terdengar suara ledakan sebanyak tiga kali. Beberapa bangunan yang tertimpa pesawat milik TNI AU itu hangus terbakar. Sejumlah warga yang tengah melinats jalan Ginting juga menjadi korban ledakan pesawat.

Beru yang saat kejadian berada di depan rumah menuturkan tidak ada warga yang berani mendekat ke lokasi jatuhnya pesawat sebab hawa panas sangat terasa bahkan sampai ke dalam rumah. Warga hanya bisa menolong para korban dari warga yang berada di tepian jalan.

Beru juga mengaku melihat bebeberapa pengguna jalan juga menjadi korban ledakan pesawat. Para korban tersebut mengalamai luka bakar akibat percikan dari api pesawat. Warga kemudian menolong korban dan membawanya ke rumah sakit.

Sementara untuk korban yang berada di dalam pesawat, warga tidak berani untuk mendekat sebab kepulan asap masih sangat tebal. Di sejumlah titik juga masih terlihat ada api yang masih menyala.

Hingga petang ini, petugas gabungan dari TNI dan Polri masih melakukan evakuasi terhadap korban. Belum diketahui pasti berapa banyak penumpang dari pesawat naas tersebut. Dari informasi yang sudah dihimpun, sejauh ini sudah ada 49 korban tewas yang sudah di evakuasi ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Adam Malik, Medan dan 23 diantaranya sudah berhasil diidentifikasi. Para korban tersebut merupakan personil TNI AU.

Leave a Reply