Home >> Lamongan >> Teguk Manis Alaminya Es Legen untuk Berbuka
penjual es legen

Teguk Manis Alaminya Es Legen untuk Berbuka

Beritalamongan.com – Puasa tahun ini bertepatan dengan awal musim kemarau. Cuaca yang sangat terik di siang hari membuat tubuh banyak kehilangan cairan. Apalagi bagi anda yang memiliki aktivita tinggi di luar ruangan. Panasnya sinar mentari bisa membuat tenggorokan semakin terasa kering. Namun ketika bedug maghrib dipukul, pelampiasan dahaga dengan minuman dingin dan segar adalah jurus jitu untuk mengobatinya. Salah satu minuman yang segar dan manis yang cocok untuk berbuka adalah es legen.

Rasa manis dari es legen merupakan manis alami yang dihasilkan dari fermentasi nira pohon siwalan. Jadi tidak perlu takut batuk atau sakit tenggorokan ketika meminumnya. Apalagi jika meminumnya ditambahkan es batu. Dijamin rasa manis dan seger es legen bisa menghilangkan dahaga setelah seharian menahan haus.

Salah satu daerah penghasil es legen adalah lamongan. Ciri khas legen Lamongan memiliki cita rasa yang manis. Selain dijadikan minuman, buah siwalan sendiri enak untuk dikonsumsi. Buahnya berwarna bening tampak seperti kolang – kaling. Tekstur buahnya kenyal. Jika digigit, dari dalam buahnya ada air yang bisa muncrat yang bisa memercikan rasa yang manis dan legit.

Untuk mendapatkan kesegaran alami es legen tidak perlu jauh – jauh ke pesisir laut Lamongan. Sebab, banyak pedangan yang menjualnya hingga ke berbagai daerah mulai dari sekitaran Lamongan hingga ke daerah lain yang jauh dari Lamongan.

Untuk wilayah Lamongan Selatan, seperti di wilayah kecamatan Ngimbang, anda bisa menemukan penjualnya di sekitar terminal Ngimbang. Ada beberapa penjual yang menjajakan es legen dan buah siwalan di sana. Untuk daerah lain, seperti di kabupaten Jombang, anda bisa menemukan penjual es legen dan buah siwalan di beberapa titik di sepanjang jalan raya Babat – Jombang.

Es legen akan semakin mantap jika ditambahkan dengan es batu. Teguk manis alaminya es legen dingin bisa membasahi kembali kerongkongan yang sudah kering usai menahan haus seharian. Rasa manis alaminya bisa mengalahkan manisnya pemanis buatan. Legen juga memiliki ketahanan yang cukp baik meski tidak ada campuran pengawet sedikitpun. Legen bila disimpan di dalam kulkas bisa bertahan hingga dua minggu. Legen sebenarnya bisa disimpan dalam waktu yang lebih lama lagi tetapi jika terlalu lama menyimpanya kadar alkoholnya akan semkin tinggi.

Leave a Reply