Home >> Olahraga >> Sekali Colek, Tiga Sanksi Laga Membayangi Jara
Jara terlihat terus memprovokasi Cavani namun striker utama Uruguay ini tetap tidak merespon

Sekali Colek, Tiga Sanksi Laga Membayangi Jara

Beritalamongan.com – Pertandingan antara Cile melawan Uruguay memang sudah berkahir. Tetapi masalah yang terjadi di lapangan yang melibatkan pemain dari dua kesebelasan yakni Gonzalo Jara dari Cile dan Edinson Cavani dari Uruguay masih belum berakhir.

Pada laga tersebut, kedua pemain sempat terlibat konflik di menit ke-60. Jara terlihat terus memprovokasi Cavani namun striker utama Uruguay ini tetap tidak merespon. Jara yang mungkin sudah gemes dengan Cavani tertangkap kamera mencolek pantat pemain bernomor pungung 21itu.

Satu colekan tersebut barulah direspon oleh Cavani dengan mendorong Jara. Sedikit dorongan dari Cavani ternyata membuat Jara terjatuh yang seakan terlihat jatuh karena ada pukulan ke arah wajah Jara. Wasit yang hanya melihat saat pemain itu jatuh seketika mengeluarkan kartu kuning kedua kepada Cavani.

Merasa dirugikan atas kartu kuning tersebut, Cavani terus melakukan protes. Namun wasit tetap tidak bergeming dengan keputusanya tersebut. Sambil berjalan keluar lapangan, Cavani masih tidak terima. Dia kemudian menghampiri official lapangan dan sempat terlibat adu mulut. begitu pun dengan pemain Uruguay yang lain, mereka tidak terima dengan dikeluarkanya striker utama Uruguay tersebut.

Kehilangan satu pemain menjadi awal derita bagi Uruguay. Setelah skor imbang bertahan lama, barulah delapan menit menjelang waktu normal usai Cile mampu mencetak gol. Kehilangan satu pemain dan kebobolan satu gol bukan malah membuat Uruguay tampil lebih baik. Mereka justru malah membuat kesalahan lagi dengan diusirnya satu pemain lagi akibat tackle yang keras terhadap pemain Cile. Semakin berat beban Uruguay untuk mempertahankan gelar juaranya. Skor 1 – 0 untuk kemenangan Cile tetap bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

Insiden colekan Jara kepada pantat Cavani yang tertangkap kamera ini kemudian dilaporkan oleh Asosiasi Sepak Bola Uruguay (AUF) ke Komisi Disiplin Conmebol. Laporan dari AUF ini akhirnya berbuah manis sebab keputusan hasil sidang Komdis Conmebol memutuskan Jara dilarang tampil tiga pertandingan membela Cile dan dijatuhi denda sebesar 7.500 dollar Amerika Serikat.

Sanksi tiga pertandingan bagi Jara akan memupuskan harapanya untuk bisa tampil bersama Cile di babak semifinal. Bukan hanya babak semifinal saja yang bakal dia lewatkan tetapi jika Cile mampu lolos ke final atau perebutan tempat ketiga, Jara tetap tidak akan bisa tampil untuk Cile. Suatu kerugian juga bagi Cile bila kehilangan satu pemain kontroversional ini. Sebab selama pertandingan Copa Amerika 2015 ini, Jara tampil dengan performa yang sangat baik. Kontribusinya untuk tim bisa membantu tim lolos dari babak penyisihan grup hingga perempat final.

Leave a Reply