Home >> Internasional >> Siapa Pelaku Dibalik Bom Bunuh Diri di Masjid Kuwait?

Siapa Pelaku Dibalik Bom Bunuh Diri di Masjid Kuwait?

Beritalamongan.com – Ketika hari jumat tiba, umat islam khususnya pria berkewajiban untuk melaksanakan sholat jumat. Begitu pun yang dilakukan oleh umat muslim Kuwait. Pada Jumat pekan lalu, mereka melaksanakan sholat jumat seperti biasanya.

Namun siapa yang mengira bahwa salah satu jamaah yang mengikuti sholat jumat tersebut adalah anggota ISIS. Kedatanganya ke sebuah masjid syiah di Kuwait tersebut bukan hanya semata ingin menjadi jamaah sholat jumat tetapi juga sudah membawa bom pada tubuhnya. Pelaku bom bunuh diri tersebut kemudian meledakan diri di dalam masjid dan menewaskan 27 orang jamaah masjid.

Melalui media social yang biasa digunakan oleh ISIS, pelaku bom bunuh diri di masjid syiah tersebut menyampaikan pesan dalam bentuk audio. Pelaku mengkritik umat muslim syiah dan mengatakan bahwa muslim syiah harus siap menerima balasan karena sudah menghina islam. Dan akhirnya terjadilah peristiwa bom bunuh diri itu.

Pemerintah Kuwait secara resmi telah mengungkap identitas pelaku bom bunuh diri tersebut. Pelaku tersebut bernama Fahd Suliman Abdul-Muhsen al-Qabaa, warga negara asal Arab Saudi. Kementrian Dalam Negeri Arab Saudi menjelaskan al-Qabaa, pelaku bom bunuh diri, berhasil masuk ke Kuwait melalui Bahrain. Mereka menambahkan pria tersebut tidak ada kaitanya dengan kelompok militant mana pun.

Kantor berita Kuwati, Kuna, mengabarkan seorang pengemudi yang diduga telah mengantarkan al-Qabaa ke lokasi kejadian telah ditangkap oleh Kepolisian Kuwait. Pengemudi tersebut bernama Abdulrahman Sabah Eidan Saud. Dia merupakan warga illegal di Kuwait.

Sebelum melakukan aksinya, al-Qabaa tinggal di sebuah rumah di distrik al-Rigga, provinsi al-Ahmadi, di wilayah selatan Kuwait. Pemilik rumah, utu, warga negara Kuwait, telah juga ditangkap oleh aparat kemanan Kuwait. Utu diduga merupakan salah satu anggota kelompok rundamentalis.

Peristiwa bom bunuh diri di dalam masjid syiah mengejutkan banyak orang. Bahkan warga muslim di manca negara termasuk indonesia juga terkejut dengan pemberitaan tersebut. Pasalnya kejadian bom bunuh diri selama ini sering kali terjadi di tempat keramaian seperti di pusat perbelanjaan, hotel, tempat wisata ataupun juga ditempat ibadah umat lain. Tetapi kali ini kejadian bom bunuh diri terjadi di dalam sebuah masjid.

Leave a Reply