Home >> Tekno >> Gadget >> Memindahkan Data dari PC ke Smartphone Android Via Portal

Memindahkan Data dari PC ke Smartphone Android Via Portal

Beritalamongan.com – Apakah kamu pengguna smartphone android? Ketika kamu ingin memindahkan data dari PC ke Smartphone, bagaimana cara yang biasa kamu lakukan? Menggunakan kabel USB? Atau menggunakan Cloud? Kedua cara tersebut memang sangat mungkin. Tetapi tahukah kamu ada cara lain yang bisa lebih cepat dan mudah yang bisa kamu praktekan untuk memindahkan data dari PC ke smartphone Android. Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi Portal.

Aplikasi portal merupakan aplikasi untuk android yang memungkinkan untuk memindahkan data dari PC ke smartphone secara nirkabel. Aplikasi besutan Pushbullet ini memanfaatkan jaringan lokal WiFi yang sama. Jadi ketika PC dan perangkat androidmu terhubung dengan jaringan WiFi yang sama aplikasi ini bisa menjadi jembatan atau istilahnya portal untuk menghubungkan kedua perangkat tersebut sehingga mempermudah dan mempercepat proses perpindahan data.

Memindahkan data dari PC ke perangkat android via portal bisa dilakukan dalam waktu sekejap. Kamu hanya perlu mendrag file yang ingin dipindah ke android. Dan dalam waktu singkat file tersebut akan berpindah ke memori penyimpanan androidmu.

Cara menggunakanya, pertama buka situs portal di pushbullet.com. Dari aplikasi portal ayng ada di perangkat androidmu pindai QR code di laman tersebut. PC dan smartphone androidmu sudah dapat langsung tersambung dengan jaringan lokal WiFi sekarang. Setelah kedua perangkat terhubung, kamu bisa memindahkan data dari PC ke smartphone android dengan waktu sekejap.

Proses perpindahan data via portal bisa berlangsung cepat dan tetap stabil meski digunakan untuk mentransfer data dengan ukuran yang besar. Data yang telah dipindah bisa dilihat di folder portal yang ada di perangkat android.

Asalkan ada jaringan WiFi, memindahkan data dari PC ke smartphone android via portal bisa menjadi lebih praktis dari pada menggunakan USB kabel ataupun menggunakan cloud. Menggunakan USB kabel memang cukup mudah untuk menyinkronkan perangkat android dengan PC tetapi kita sering lupa tidak membawa USB kabel ketika bepergian. Kalaupun ingin membawa, terkadang juga cukup ribet untuk menyimpanya di dalam tas. Jika menggunakan cloud, kita pasti akan kepikiran berapa banyak kuota yang dibutuhkan untuk mentransfer data ke cloud? Belum lagi, jika ingin mengambilnya dari cloud juga butuh koneksi internet lagi. Sementara jika menggunakan aplikasi portal, bisa sangat mudah sebab sudah banyak lokal WiFi yang tersebar di spot – spot tertentu seperti di kampus, kantor ataupun tempat umum lainya.

Meski memiliki banyak keunggulan, aplikasi ini juga memiliki kelemahan. Kelemahan dari aplikasi portal yakni aplikasi tersebut hanya mampu memindahkan data dari PC ke smartphone android tetapi tidak berlaku sebaliknya. Kelemahan selanjutnya adalah aplikasi portal baru tersedia untuk perangkat dengan sistem operasi android saja. Jadi jika kamu pengguna iOS, Windowsphone ataupun yang lain untuk sementara belum bisa memanfaatkan aplikasi ini.

Leave a Reply