Home >> Tekno >> Internet >> Fitur Baru dari Gmail
fitur baru Gmail yakni “undo send” yang memungkinkan untuk membatalkan pesan terkirim

Fitur Baru dari Gmail

Beritalamongan.com – Pengguna surat elektronik atau email pasti sering dibuat kesal ketika pesan yang dikirim ternyata ada kesalahan. Ingin meralatnya kembali atau menarik kembali pesan tersebut tentu tidak mungkin sebab belum ada fitur yang memungkinkan untuk melakukan hal tersebut. Jika hal demikian sudah terjadi maka, satu hal yang bisa dilakukan adalah membuat pesan baru dan mengirimnya kembali. Tetapi ada kabar gembira bagi anda pengguna Gmail. Saat ini telah hadir fitur baru Gmail yakni “undo send” yang memungkinkan untuk membatalkan pesan terkirim.

Fitur undo send Gmail ini sebenarnya sudah lama diuji di Gmail Labs. Tetapi baru hari ini, fitur baru Gmail tersebut dikeluarkan untuk publik. Fitur baru ini saat ini juga sudah menjadi fitur utama Gmail. Pengguna bisa langsung menggunakanya tetapi dengan catatan fitur ini baru bisa digunakan melalui web browser saja.

Meski fitur baru Gmail ini bisa membatalkan pesan, tetapi bukan berarti pengguna bisa dengan bebas menggunakan fitur tersebut kapan pun. Sebab ada waktu tertentu setelah email terkirim yang bisa dibatalkan. Email yang bisa dibatalkan adalah email yang baru dikirim mulai dari lima detik sampai dengan maksimal tiga puluh detik setelah email tersebut dikirim. Jadi untuk email terkirim yang lebih dari waktu tersebut maka otomatis fitur ini tidak bisa digunakan untuk membatalkanya.

Untuk mengaktifkan fitur Undo Send Gmail, pertama pengguna masuk dulu ke akun Gmail. Setelah itu masuk ke menu setting kemudian cari kolom yang ada tulisan undo send yang ada pada bagian general setting. Pilih masa berlaku untuk membatalkan email terkirim, mulai dari lima detik hingga maksimal tiga puluh detik. Bagi pengguna yang sudah lama menggunakan fitur baru ini dari Gmail Labs, pengguna akan secara otomatis mendapatkan tombol undo send tanpa melakukan pengaturan terlebih dahulu.

Fitur baru Gmail ini sangat berguna ketika pengguna lupa untuk melampirkan file ke dalam emailnya atau bahkan ketika pengguna salah memasukan kata dalam suratnya. Ketika fitur ini digunakan, pengguna bisa mengedit kembali email tersebut. Yang perlu diingat disini adalah batas waktu untuk menggunakan fitur tersebut. Jika email yang dikirim sudah melewati batas waktu yang telah ditentukan maka email tersebut otomatis tidak bisa dibatalkan kembali. Kalau sudah begini pengguna harus membuatnya lagi.

Leave a Reply