Home >> Peristiwa >> Kantor Komnas Perlindungan Anak Terbakar, Berkas Kasus Engeline Ikut Dilalap Api

Kantor Komnas Perlindungan Anak Terbakar, Berkas Kasus Engeline Ikut Dilalap Api

Beritalamongan.com – Komnas Perlindungan Anak selalu berapi – api untuk menegakkan hak anak di Indonesia. Tidak peduli kapan pun, dimana pun dan siapa pun, apabila ada hak anak yang dilukai maka mereka akan ikut bertindak. Seperti kasus yang dialami oleh Engeline, bocah 8 tahun asal Bali. Ketika kasus kematian Engeline sampai ke telinga, mereka langsung berangkat ke Bali untuk segera mengumpulkan data guna penyelidikan lebih lanjut.

Semua berkas yang telah dikumpulkan kemudian disimpan di ruangan Sekretaris jenderal Komnas Perlindungan Anak. Namun sayang, kantor Komnas Perlindungan Anak terbakar pada sabtu (27 / 6 / 2015). Kebakaran ini menyebabkan sebagian berkas kasus kematian Engeline dilalap api. Begitu pun dengan berkas kasus yang lain yang tersimpan di sana juga ikut terbakar.

Sekretaris Jenderal Komnas PA Samsul Ridwan mengatakan seluruh data jaringan kerja Komnas Perlindungan Anak tersimpan di ruangan Sekretaris Jenderal Komnas PA. selain itu, gedung pendukung operasional dan advokasi juga ikut terbakar. Satu blok tersebut merupakan ruangan yang paling vital untuk kerja Komnas PA.

Meski banyak berkas kasus yang terbakar termasuk sebagian berkas kasus Engeline, Komnas PA akan tetap bekerja dan berupaya untuk mengumpulkan data – data baru lagi. “Komnas PA tidak akan mundur dalam menegakkan hak anak Indonesia,”tegas Ridwan.

Seto Mulyadi, Pembina Komnas PA ketika ditanya tentang penyebab kebarakan kantor Komnas PA apakah ada kaitanya dengan kasus yang tengah mereka tangani saat ini yakni kasus kematian Engeline, pria berkacamata tersebut tidak ingin berprasangka buruk kepada siapa pun bahkan mengaitkan masalah kebakaran kantor Komas Pa dengan pihak – pihak tertentu yang ada kaitanya dengan kasus kematian Engeline. Arist Merdeka Sirait, Ketua Komnas PA juga setuju dengan Kak Seto. Dia tidak ingin berpikiran yang macam – macam mengenai penyebab kebakaran kantor Komnas PA. kedua tokoh pejuang hak anak ini menyerahkan sepenuhnya kasus kebakaran yang menimpa Kantor Komnas PA kepada kepolisian.

Menurut penuturan Kak Seto, pihak kepolisian Puslabfor juga akan segera terjun ke kantor Komnas PA yang ada di jalan TB Simatupang, Pasar Rebo, Jakarta Timur. Semula tim Puslabfor akan menuju ke lokasi hari ini namun Kak Seto meralat lagi bahwa besok tim Puslabfor akan melakukan olah TKP.

Leave a Reply