Home >> Nasional >> Waspada Hewan Liar saat Melintas Tol Cipali

Waspada Hewan Liar saat Melintas Tol Cipali

Beritalamongan.com – Tol Cipali sudah selesai dan siap untuk digunakan para pengguna jalan. Tol ini juga dipersiapkan untuk menguaraikan kemacetan yang sering terjadi khususnya di jalan pantura. Tol terpanjang di indonesia ini memiliki panjang 116,7 km. meski baru beberapa hari dibuka, namun tol Cipali sudah diwarnai beberapa kali kecelakaan. Penyebabnya bukan karena konstruksi jalan yang kurang baik tetapi karena ada hewan liar yang masuk ke jalan tol.

Seperti yang terjadi pada Sabtu lalu (20 / 6 / 2015) kecelakaan tunggal yang dialami mobil Daihatsu Gran Max di Km 128 terjadi setelah mobil tersebut berupaya menghindari babi hutan yang tiba – tiba berada di tengah jalan. Saat itu melintas lima ekor babi hutan. Meski sudah banting stir untuk menghindarinya, sang sopir grand max menabrak babi hutan yang paling belakang kemudian mobilnya terperosok akibat manuver mendadaknya. Selain babi hutan hewan liar lain seperti anjing juga sering muncul mendadak di jalan. Seperti yang dialami salah satu pengguna tol cipali juga. Sang sopir mengaku melakukan manuver mendadak setelah di depanya melintas anjing liar.

Pengguna jalan lain, Kardi, mengaku juga pernah melihat babi hutan liar melintas di KM 90. Di tengah malam, kendaraan yang dikemudikanya melintas tol Cipali tidak terlalu kencang sehingga dia dapat menghindari babi hutan. Dia merasa beruntung tidak sampai mengalami kecelakaan.

Dia menambahkan, ruas tol Cipali yang rawan ada di antara KM 90 hingga 100 sebab di ruas tol tersebut daerahnya masih gelap dan banyak babi hutan di kanan kiri jalan. Selain itu pagar di sisi jalan tol hanya terbuat dari kawat. Jadi kemungkinan babi hutan untuk masuk dan melintasi tol sangat besar. Saat melintas, kardi juga pernah melihat ada aktivitas warga yang menggembalakan ternak di samping tol. Mereka terlihat di KM 185.

Kepala Unit Satuan Patroli Jalan Raya (PJR) Polda Jabar, Ipda Gugun Gunadi menghimbau kepada para pengguna jalan supaya waspada hewan liar saat melintas tol Cipali. Kecelakaan sudah beberapa kali terjadi di tol terpanjang di indonesia jadi sebaiknya pengguna jalan juga selalu waspada dan berhati – hati ketika melintasi tol.

Leave a Reply