Home >> Nasional >> Satu ABK Tewas Usai Tenggak Miras Oplosan Racikanya Sendiri
gambar ilustrasi ABK kritis usai tenggak miras oplosan

Satu ABK Tewas Usai Tenggak Miras Oplosan Racikanya Sendiri

Beritalamongan.com – Gusti, seorang anak buah kapal (ABK) berusia 16 tahun tewas usai tenggak Miras oplosan racikanya sendiri. Selain Gusti, masih ada satu ABK lagi yang ikut menenggak minuman yang sama yaitu Loki namun kondisinya sekarang masih dilakukan perawatan secara intensif di rumah sakit Antonius, Pontianak.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, kedua ABK belasan tahun tersebut bekerja di KM Sumber Harjo. Keduanya berasal dari Pekalongan, Jawa Tengah. Kapal tempat mereka bekerja pada dua hari lalu berlabuh di dermaga Gang Salak 4 di Jalan Kom Yos Sudarso, Kecamatan Pontianak Barat. Menurut keterangan Anto, salah satu ABK KM Sumber Raharjo, pada hari jumat kemarin (26 / 6 / 2015) dia dan ABK lain tidak ada yang mengetahui kepergian dari kedua remaja tersebut. Padahal pada Sabtu Sore, seluruh ABK KM Sumer Raharjo sudah dijadwalkan pulang ke daerah asal masing – masing.

Tetapi hingga Sabtu tadi (27 / 6 / 2015), Gusti dan Loki belum juga kembali ke kapal. Barulah di siang hari, keduanya kembali ke kapal namun dalam kondisi yang sudah memperihatinkan. Anto kemudian melaporkan kondisi kedua ABK KM Sumber Raharjo tersebut ke Penanggung Jawab kapal. Setelah itu, kedua ABK berusia belasan tahun tersebut dilarikan ke Rumah Sakit Antonius Pontianak untuk segera diberikan pertolongan medis. Setibanya di RS Antonius sekitar pukul 14.00 WIB, keduanya langsung masuk IGD untuk tindakan medis.

Dokter jaga RS Antonius Pontianak, Dr Tri Milik menuturkan berdasarkan diagnosa sementara kedua ABK berusia belasan tahun tersebut mengalami keracunan miras oplosan. Namun tidak disebutkan secara detail minuman tersebut. Sementara di tempat terpisah, Kompol Andi Yul, Kasat Reskrim Polresta Pontianak mengungkapkan dari penyelidikan dan oleh TKP, ditemukan beberapa kantong plastic yang diduga kuat merupakan bekas minuman arak serta beberapa kemasan obat batuk Komix dan suplemen. Pihak kepolisian menduga, kedua korban telah membuat miras oplosan racikan sendiri. Jadi dugaan sementara, satu ABK tewas usai tenggak miras oplosan racikanya sendiri.

Meski berasal dari kabupaten yang sama dengan korban, tetapi Anto mengaku tidak mengetahui kebiasaan minum rekanya tersebut. Rasmani (65), ABK KM Sumber Raharjo lain menambahkan di kapal tempat mereka bekerja juga tidak diperbolehkan untuk minum minuman keras di atas kapal. “Peraturan tersebut sudah dibuat oleh tekong,” terangnya.

Leave a Reply