Home >> Tekno >> Prosesor Raksasa Buatan Tangan
Newman, seorang pria yang berprofesi sebagai teknisi elektronik digital, tengah berusaha membangun prosesor buatan tangan yang memiliki ukuran raksasa

Prosesor Raksasa Buatan Tangan

Beritalamongan.com – Beberapa perusahaan teknologi adu canggih berusaha membuat prosesor setipis dan sekecil mungkin. Intel dan AMD adalah contoh dua perusahaan besar yang sejak dari dulu berlomba untuk menciptakan prosesor generasi terbaru yang lebih tipis, ringan dan canggih dari prosesor generasi sebelumnya. Intel Core M dan AMD APU adalah contoh produk prosesor tercanggih saat ini yang berhasil mereka wujudkan.

Namun berbeda dengan Newman, seorang pria yang berprofesi sebagai teknisi elektronik digital, dia tengah berusaha membangun prosesor buatan tangan yang memiliki ukuran raksasa. Chip komputer yang sedang dibangunya tersebut memiliki ukuran 14 meter dan tinggi 2 meter. Chip yang dirakit di dalam Bungalow miliknya di inggris itu memiliki bagian – bagian lengkap dari prosesor yang juga memiliki ukuran yang besar pula.

Chip komputer buatan Newman tersebut memiliki 14.000 transistor dan 3.500 lampu LED yang bisa menyala ketika prosesor aktif bekerja. Newman mengaku membangun prosesor raksasa tersebut karena dia senang melihat cara kerja dari sesuatu termasuk bagaimana cara kerja sebuah prosesor di dalam komputer.

Untuk membangun chip komputer raksasa tersebut, Newman mengaku telah mengerjakanya selama tiga tahun dan telah menghabiskan uang 20.000 poundsterling. Meski sudah menghabiskan cukup banyak waktu dan biaya, namun chip komputer raksasa tersebut masih belum mencapai setengah pengerjaan. Prosesor raksasa buatan tangan ini akan memiliki tujuh panel komponen sementara sejauh ini proses pengerjaan yang dilakukan oleh Newman baru menyelesaikan dua panel saja.

Apabila nanti prosesor raksasa buatan Newman ini selesai dibangun, diperkirakan berat totalnya bisa mencapai 500 Kilogram sebab komponen – komponen di dalamnya juga dibuat dengan ukuran yang besar pula. Newman berharap, komputer buatanya nanti bisa berguna untuk kebutuhan edukasi. Namun dengan berat yang fantastis ini, kemungkinan juga bakal sulit untuk memindah tempatkan komputer tersebut. Butuh bantuan beberapa orang untuk mengangkat komputer seberat itu. Hal ini mengingatkan kita pada era dimana komputer baru pertama kali ditemukan. Saat itu, komputer memiliki berat yang bahkan mencapai puluhan ton. Meski komputer Newman berbobot setengah ton namun akan cukup susah untuk memindahkanya sendirian.

Leave a Reply