Home >> Olahraga >> Cile Lolos ke Semifinal Copa Amerika 2015

Cile Lolos ke Semifinal Copa Amerika 2015

Beritalamongan.com – Satu tempat di babak semifinal Copa Amerika 2015 sudah diisi oleh tim tuan rumah Cile setelah pada laga yang disiarkan langsung tadi pagi, Kamis (25 / 6 / 2015), mereka unggul satu gol tak berbalas atas Urugay. Gol tercipta dari kaki pemain belakang Muricio Isla. Laga yang mempertemukan tuan rumah dan juara bertahan tersebut berlangsung sangat ketat sejak kick off babak pertama bahkan laga sempat diwarnai dengan dua kartu merah untuk pemain Uruguay yang bermain keras.

Sebagai juara bertahan, Uruguay juga bukan tanpa perlawanan. Jual beli serangan yang diperagakan ke dua tim berlangsung seru dan menegangkan. Uruguay yang sudah bersusah payah lolos dari fase grup tak ingin kalah begitu saja. Tampil ngotot dan ingin segera menciptakan gol langsung diperagakan oleh mereka. Peluang Uruguay hadir pada menit ke-20 melalui Carlos Sanchez. Sepakan voli dari luar kotak penalti hampir saja bersarang di gawang Cile andai saja sepakan indahnya tidak melebar ke sisi kanan gawang yang dijaga oleh Claudio Bravo.

Dikejutkan oleh serangan lawan, Cile segera membalasnya. Lima menit berselang, Cile mendapatkan peluang untuk menciptakan gol melalui Charlez Araguiz. Tetapi sepakanya yang lemah mudah diantisipasi dengan baik oleh penjaga gawang Uruguay Fernando Muslera.

Sejumlah peluang yang tercipta pada babak pertama oleh kedua tim belum mampu mengubah papan skor pertandingan. Kedudukan imbang 0 – 0 masih belum berubah hingga wasit meniup peluit panjang.

Setelah turun minum, Cile semakin tidak sabar untuk segera membuat gol. Permainan agresif yang mereka peragakan langsung menusuk ke jantung pertahanan Uruguay. Di babak ke dua ini, Cile tampil sangat dominan. Di bawah tekanan tim tuan rumah, Uruguay hanya mampu bermain bertahan dan sesekali mereka membalasnya dengan serangan balik yang cepat dan permainan yang keras.

Gaya bermain yang diperagakan Urugay menjadi boomerang bagi mereka. Striker utama Urugay, Edinson Cavani tersulut emosinya dan melakukan tamparan ke wajah Gonzalo Jara. Akibat tindakanya ini, Edinson Cavani langsung menerima kartu kuning keduanya. kartu kuning pertama Cavani didapatkan setelah dia terlibat keributan dengan hakim garis. Keluar dari lapangan, Cavani terlibat friksi dengan official pertandingan.

Unggul jumlah pemain dimanfaatkan dengan baik oleh Cile. Serangan yang dilancarkan oleh Cile pada menit ke-81 diawali umpan silang dari Eugenio Mena. Maksud hati ingin menghalau umpan silang tersebut, Fernando Muslera malah mengarahkan bola ke pemain Cile Jorge Valdivia. Pemain bernomor punggung 10 ini kemudian mengumpan bola ke arah Mauro Isla. Dengan sepakan yang akurat, pemain belakang ini mengarahkan bola ke arah pojok gawang Muslera. Bola tidak bisa dijangkau oleh sang kipper, dan akhirnya Cile kandaskan Uruguay dengan skor 1 – 0.

Tertinggal satu gol, Uruguay semakin berhasrat untuk membalasnya. Namun sayang, permaian keras yang mereka peragakan malah membuat pemain mereka kembali mendapatkan kartu merah. Dua menit sebelum pertandingan berakhir, pemain Uruguay Jorge Fucile mendapatkan kartu kuning kedua setelah melanggar Sanchez. Kartu yang dilayangkan oleh wasit itu kemudian mendapatkan protes dari pemain dan ofisial Uruguay. Meski mendapat protes, wasit tetap bersikukuh dengan keputusanya tersebut.

Dengan satu gol ini, Cile lolos ke semifinal Copa Amerika 2015. Sementara sang juara bertahan Copa Amerika Uruguay harus angkat koper dari Cile. Dengan kemenangan ini, Cile mengisi satu tempat di babak semifinal dan menunggu lawan mereka antara Bolivia dan Peru. Kemenangan ini semakin mendekatkan mereka menjadi juara di negerinya sendiri. Mungkinkah? Kita tunggu saja pertandingan selanjutnya.

Leave a Reply