Home >> Lamongan >> Tenun Ikat Asli Lamongan
gambar di ambil dari kabar-lamongan.blogspot.com

Tenun Ikat Asli Lamongan

Beritalamongan.com – Selain wingko Babat, Lamongan masih memiliki sentra industri rumahan lain yakni tenun ikat asli Lamongan. Mungkin belum banyak yang tahu tentang keindahan tenun ikat asli Lamongan ini. Tetapi jika anda berkunjung ke Lamongan jangan lupa mampir ke Desa Parengan, Kecamatan Maduran untuk melihat langsung proses pembuatan tenun ikat sekaligus bisa membelinya untuk buah tangan saat pulang dari berkunjung.

Berbeda dengan tenun ikat buatan pabrik atau buatan daerah lain, tenun ikat asli Lamongan ini memiliki banyak keunggulan karena produk ini dibuat secara handmade. Begitu pun dengan motif yang tergambar di atasnya, tenun ikat ini memiliki motif yang beragam dan bisa dipastikan asli buatan tangan bukan buatan cap atau sablon. Jadi bisa dilihat sendiri bagaimana detail demi detail yang dilukis indah dengan sentuhan tangan orang Lamongan.

Sentuhan khas tangan kreatif Lamongan memberikan motif yang unik dan beragam pada tenun ikat yang dihasilkan. Ciri khas dari motif tenun ikat ini adalah motifnya timbul di permukaan. Kain tenunya juga sangat berkualitas sebab bahan yang digunakan berasal dari benang pilihan. Proses penenunan kain juga dilakukan secara manual. Satu per satu untaian benang disusun rapi sehingga membentuk kain dengan motif yang unik tidak seperti pada kain tenun lain yang dibuat dengan mesin yang hanya bisa membuat satu warna saja.

Karena tenun ikat asli Lamongan ini dibuat dari benang pilihan maka dapat dipastikan kualitas kainya. Ketahanan dan kualitas warnanya juga terjamin. Warna dari tenun asli lamongan ini tidak mudah luntur dan warnya juga tidak mudah pudar sehingga tenun ikat ini akan tetap terlihat indah meski sudah dicuci berkali – kali.

Potensi untuk menjadikan tenun ikat asli Lamongan untuk menjadi bisnis baru juga sangat menarik sebab tenun hand made ini bisa menjadi fashion baru di mana orang sudah banyak yang bosan dengan motif kain yang itu – itu saja. Keindahan corak dari tenun ikat ini bisa menjadi daya pikat untuk memperkenalkan sisi lain dari keindahan Lamongan yang mungkin belum terekspos secara luas.

Leave a Reply