Home >> Otomotif >> Mobil >> Ganti Pelek Mobil Menggugurkan Garansi
Tahukah anda, ganti pelek mobil menggugurkan garansi?

Ganti Pelek Mobil Menggugurkan Garansi

Beritalamongan.com – Punya mobil standar, melintasi jalanan rasanya akan biasa – biasa saja. Tetapi jika dilakukan sedikit perubahan, tentu akan membuat mobil anda menjadi perhatian. Para pemiliki mobil biasanya sudah memiliki passion sendiri dalam memodifikasi mobil. Retro, sport atau futustik adalah yang paling sering dijumpai di jalanan. Salah satu bagian modifikasi mobil yang paling sering dilakukan sentuhan adalah pada pelek.

Di pasaran sendiri ada berbagai macam pelek yang bisa dipilih baik dari ukuran maupun modelnya. Pelek dengan ukuran yang lebih besar adalah yang paling banyak diminati. Penggunaan pelek ukuran besar biasanya juga dibarengi dengan perubahan pada suspensi. Sebab jika suspensi tidak disesuaikan dengan ukuran pelek bisa – bisa ban menggerus bodi mobil.

Tahukah anda, ganti pelek mobil menggugurkan garansi?

Mobil yang sudah keluar dari pabriknya telah memiliki hitungan spesifikasi sendiri – sendiri. Penggantian pelek standar dengan ukuran yang lebih besar atau lebih kecil bisa mempengaruhi kerja mobil. Ukuran pelek yang tidak sesuai standar bisa mempengaruhi cara mengemudi. Selain itu, perubahan ukuran pelek dan ban bisa mengganggu fungsi odometer untuk membaca jarak tempuh dan speedometer untuk mengukur kecepatan laju kendaraan.

Selain itu, ukuran pelek dan ban yang sudah tidak sesuai standar lagi juga bisa mempengaruhi performa mobil. Ketika pemiliki mobil memutuskan untuk mengganti pelek dan ban dengan ukuran yang lebih besar, maka tenaga yang dibutuhkan untuk menggerakanya juga semakin besar. Akibatnya tarikan mesin terasa lebih berat. Efeknya, konsumsi bahan bakar kendaraan menjadi lebih boros.

Sebaiknya, sebelum memutuskan untuk melakukan modifikasi atau perubahan pada bagian – bagian komponen mobil, tanyakan terlebih dahulu kepada bengkel resmi mengenai bagian mana saja yang masuk hitungan garansi.

Pelek mungkin tidak masuk hitungan, tetapi suspensi adalah salah satu bagian yang masuk dalam garansi. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, mengganti pelek bisa mempengaruhi suspensi kendaraan. Ketika anda mengajukan klaim kerusakan pada suspensi, kemudian pihak bengkel menemukan kerusakan suspensi tersebut terbukti akibat penggantian komponen yang berkaitan dengan sistem kerja suspensi maka bisa dipastikan suspensi tersebut tidak akan diganti.

Leave a Reply