Home >> Peristiwa >> Operator Bantah Bus Transjakarta Alami Rem Blong

Operator Bantah Bus Transjakarta Alami Rem Blong

Pada Senin (22 / 6 / 2015) terjadi kecelakaan yang melibatkan satu uni bus transjakarta dengan beberapa unit mobil dan motor pengguna jalan. Kecelakaan yang dialamai bus transjakarta dengan nomor body JTM001 terjadi di depan SPBU Mampang, jalan Mampang Prapatan arah Buncit Raya, Jakarta Selatan.

Menurut keterangan korban, bus keluar dari SPBU tiba – tiba menyeruduknya dengan kecepatan tinggi. Ada empat motor, empat mobil dan seorang pejalan kaki yang menjadi korban. Dari insiden tersebut tujuh orang mengalami luka – luka.

Dugaan awal bus transjakarta berwarna abu – abu itu mengalami rem blong. Namun dugaan tersebut dibantah oleh operator transjakarta koridor 6, PT Jakarta Trans Metropolitan. Pihak operator menuding kecelakan tersebut akbiat sopir bus yang melakukan kesalahan operasional.

Dari hasil investigasi mereka, pihaknya menilai kecelakaan tersebut karena sopir bus salah injak pedal. Mungkin karena salah injak pedal gas dan tidak sempat menginjak pedal rem sehingga bus langsung meluncur dan menabrak pengguna jalan lain.

Pihak operator bus transjakarta mengaku bahwa pihaknya selalu melalukan perawatan rutin terhadap semua unit armada bus transjakarta. Total ada 61 unit bus yang mereka miliki, namun hanya 53 – 55 unit yang beroperasi, sisanya merupakan cadangan. Perawatan rutin mereka lakukan setiap 5.000 kilometer.

Mengenai tujuh korban akibat tabrakan bus transjakarta JTM0001 tersebut, PT JTM bersedia menanggung semua kerugian baik bagi korban yang membutuhkan perawatan mupun bagi kendaraan motor ataupun mobil yang mengalami kerusakan. Pihaknya akan menanggung biaya pembetulanya.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Direktur PT JTM, Jeremia Kaban dalam sesi wawancara, “kami siap menanggung semua kerugian baik bagi korban yang membutuhkan perawatan hingga mobil dan motor yang membutuhkan biaya untuk pembetulan.”

Kejadian bus transjakarta menyeruduk beberapa pengguna jalan tersebut sempat membuat jalan di depan SPBU Mampang alami kemacetan parah. pasalnya badan bus yang melintang jalan membuat arus lalu lintas berhenti. Beberpa jam kemudian dinas terkait berhasil mengevakuasi bus serta kendaraan lain yang terlibat tabrakan tersebut. Beberapa motor kondisinya rusak parah karena masuk ke kolong bus. Sementara mobil yang dituburuk bus transjakarta ringsek pada bagian sebelah kiri.

Leave a Reply