Home >> Otomotif >> Kenali Busi Asli atau Palsu

Kenali Busi Asli atau Palsu

Busi, komponen kecil dan harganya terjangkau ini sangatlah penting bagi motor. Busi memiliki peran sebagai penyulut api untuk proses pembakaran di dalam mesin. Tanpa adanya busi, mesin motor bisa dipastikan tidak akan bisa menyala.

Busi biasanya diciptakan memiliki ketahanan yang luar biasa. Selain tahan panas, umur busi juga relative bisa bertahan hingga bertahun – tahun. Bahkan saking hebatnya, ada busi yang hingga lima tahun tidak diganti tetap bisa berfungsi dengan baik. Namun standarnya, busi memiliki usia kurang lebih 10.000 km. meski busi bisa bertahan lebih dari itu, sebaiknya busi tetap diganti untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan selama perjalanan.

Harga busi di pasaran juga realtif murah. Umumnya, busi dijual dengan harga puluhan ribu untuk busi standar. Sementara untuk busi racing bisa lebih mahal lagi tergantung juga kualitas dan merk dagangnya.

Meskipun harganya bisa dikategorikan murah, tetapi ternyata ada juga yang membuat busi palsu. Sekilas tampilan dari busi palsu ini tampak mirip sekali dengan busi aslinya. tetapi soal ketahanan dan kualitas masih dipertanyakan. Busi palsu memang bisa dipasang pada kendaraan dan juga bisa membuat mesin menyala, tetapi pertanyaanya sampai kapan busi tersebut bertahan? Tentu akan sangat riskan jika busi palsu dipasang pada kendaraan yang sering digunakan untuk kebutuhan sehari – hari maupun untuk kebutuhan jarak jauh. Apalagi beberapa minggu lagi sudah masuk musim mudik. Pasti tidak inginkan mengalami mesin mogok di tengah jalan akibat busi mati?

Oleh sebab itu kenali busi asli atau palsu yang akan digunakan pada motor. Berikut ciri – ciri busi asli dan ciri – ciri busi palsu:

  1. Gasket atau ring pada busi asli sulit untuk dilepas. Meski bisa dilepaskan, tetapi biasanya tidak akan bisa dipasang kembali.
  2. Busi asli memiliki drat yang rapi dan halus.
  3. Penulisan serial part number pada busi asli lebih rapi dan warnanya tidak terlalu hitam. Sementara busi serial part numbernya ditulis dengan warna hitam pekat.
  4. Bagian insulator atau keramik pada busi asli memiliki warna putih susu atau tidak terlalu putih sementara busi palsu memiliki warna putih cerah.
  5. Plating metal shell pada busi asli dibuat dari besi baja yang kuat dan tahan terhadap panas. Warnanya juga lebih cerah dan tidak mudah pudar. Sementara untuk busi palsu warnanya buram dan mudah berkarat.
  6. Bagian elektroda, gap dan penyambungan pada busi asli lebih rapi sementara busi palsu tidak
  7. Harga busi asli biasanya sudah ada standar, paling tidak secara umum harganya dijual dengan harga yang tidak jauh berbeda. Sementara busi palsu bisa dijual dengan harga yang lebih murah.

Leave a Reply