Home >> Umum >> Bahaya Tidur Setelah Sahur

Bahaya Tidur Setelah Sahur

Tidur saat berpuasa adalah salah satu kenikmatan selain bisa membuat tubuh menghemat energy juga untuk membuat waktu berpuasa jadi tidak terasa. tahu – tahu ketika bangun waktu sudah berjalan sekian menit.

Jika tidur dilakukan pada waktu yang tepat tentu badan akan kembali segar tetapi jika tidur dilakukan pada waktu yang tidak dianjurkan maka bisa menimbulkan berbagai resiko terhadap kesehatan. Salah satu waktu yang tidak dianjurkan untuk tidur adalah tidur setelah sahur.

Kebiasaan tidur setelah sahur ternyata membawa berbagai dampak yang tidak baik untuk kesehatan. Berikut bahaya tidur setelah sahur:

  1. Sakit kepala

Tidur setelah sahur atau tidur kembali setelah sholat subuh bisa menimbulkan sakit kepala. Hal ini disebabkan oleh serebrospinal bergerak ke otak. Akibatnya sakit kepala akan terasa di kepala bagian atas atau kepala bagian belakang. Selain itu bahaya tidur setelah sahur adalah kaku dan rasa sakit di bagian leher.

  1. Gangguan sistem pencernaan

Bahaya tidur setelah sahur selanjutnya adalah gangguan sistem penceraan. Sistem pencernaan membutuhkan waktu beberapa jam untuk mencerna makanan. Ketika kondisi perut masih terisi makanan kemudian langsung masuk posisi tidur maka sistem pencernaan akan mengalami gangguan. Akibatnya sistem pencernaan melambat dan sulit bekerja. Dampak terburuknya adalah penyakit dalam sistem pencernaan.

  1. Penyakit lambung

Tidur setelah sahur bisa memicu penyakit GERD (Gastroesophageal Reflux Disease). Penyakit ini menyebabkan katub antara lambung dan kerongkongan melemah. Akibatnya asam lambung bisa naik hingga ke kerongkongan dan menimbulkan gejala seperti haus dan pahit di dalam mulut.

  1. Malas

Ketika tidur setelah sahur, begitu anda bangun anda akan merasa lemas. Kondisi mood juga akan menjadi buruk. Akibatnya anda akan menjadi malas untuk beraktivitas.

  1. Memicu resiko stroke

Berdasarkan penelitian pakar kesehatan, orang yang memiliki jeda yang lama antara makan dan tidur memiliki resiko kecil terkena stroke. Sebaliknya, orang yang memiliki jeda waktu yang relative singkat antara makan dan tidur memiliki resiko tinggi terkena stroke.

Demikianlah beberapa bahaya tidur setelah sahur. Memahami bagaimana dampak buruk tidur setelah sahur ini maka sebaiknya hindari tidur setelah sahur. Tidur bagi orang yang berpuasa memang adalah ibadah tetapi jangan karena alasan ibadah kemudian di saat berpuasa memperbanyak tidur. Perhatikan waktu tidur agar badan juga lebih sehat dan terhindar dari berbagai resiko yang membahayakan kesehatan.

Leave a Reply