Home >> Wisata >> Kuliner >> Smoothie Buah untuk Berbuka Puasa

Smoothie Buah untuk Berbuka Puasa

Setelah seharian penuh menahan haus dan lapar berbuka merupakan saat yang tepat menyajikan minuman yang manis dan menyegarkan. Kolak atau teh manis adalah salah satu minuman yang sudah menjadi kebiasaan mengisi menu meja berbuka. Jika menu minuman berbuka puasa itu lagi – itu lagi rasanya juga bosan. Jadi tidak ada salahnya untuk mengganti minuman tersebut dengan smoothie buah yang dijamin bisa menebus dahaga seharian berpuasa.

Buah memiliki berbagai manfaat yang cocok masuk daftar menu makanan sehat berbuka puasa. Kandungan air di dalam buah bisa mencegah dehidrasi, kandungan antioksidan bermanfaat untuk menangkal radikal bebas serta kandungan gula di dalamnya bisa menjadi penyuplai energy yang baik setelah seharian perut kosong dan tubuh kekurangan energy.

Untuk membuat smoothie buah ini tidak terlalu susah kok. Bahkan bisa dibilang membuat smoothie buah ini semudah membuat jus pada umumnya. Ingin tahu bagaimana cara membuatnya? Pertama siapkan dulu bahan – bahan smoothie buah.

Bahan – bahan

  • Pisang beku
  • 250 ml jus buah
  • 125 gram buah – buahan beku atau kalau tidak ada bisa menggunakan buah – buahan segar biasa
  • 125 gram yoghurt (opsional)

Cara membuat

  1. Potong kecil – kecil pisang beku begitu pula dengan buah – buahan beku lain supaya mempercepat proses saat menghaluskan buah
  2. Campurkan semua bahan – bahan ke dalam blender
  3. Blender semua bahan sampai lembut dan teksturnya creamy
  4. Jika sudah lembut, pindahkan ke gelas saji
  5. Smoothie buah siap untuk dihidangkan

Penggunaan buah – buahan beku pada resep smoothie buah di atas dimaksudkan agar smoothie buah lebih tebal dan creamy. Tetapi jika anda tidak terlalu suka dengan minuman dingin, anda bisa mengganti buah – buahan beku tersebut dengan buah – buahan segar.

Untuk jenis buah apa yang cocok digunakan untuk smoothie buah, anda bisa mencoba berbagai buah yang anda suka. Sementara jika anda ingin smoothie buah anda semakin creamy, anda bisa menambahkan bubuk protein atau susu kedelai dicampur bersama dengan semua bahan – bahan di atas.

Leave a Reply