Home >> Hukum Kriminal >> Gudang Pengoplos Elpiji Digerebek Polres Sidoarjo

Gudang Pengoplos Elpiji Digerebek Polres Sidoarjo

Gudang pengoplos elpiji di dusun Ngemplak, Desa Cemengkalang, Kecamatan Sidoarjo digerebek oleh Satuan Reserse Kriminal Polres Sidoarjo pada Sabtu (20 / 6 / 2015). Di lokasi tersebut, petugas berhasil mengamankan 900 tabung elpiji berbagai ukuran mulai dari tabung melon 3 Kg, 12 Kg dan 50 Kg. petugas juga mengamankan alat penyuntik, selang pengoplos gas dan peralatan yang lain.

Modus yang digunakan pelaku adalah tabung elpiji 3 Kg yang disubsidi ole pemerintah, kemudian di oplos ke tabung 12 Kg dan juga 50 Kg. untuk setiap tabung 12 Kg, pelaku mengisinya dengan 3 sampai 4 tabung elpiji 3 Kg.

Dari tabung yang telah dioplosnya, untuk setiap tabung isi 12 Kg pelaku berhasil mendapatkan untung Rp 20 ribu. Sementara untuk tabung ukuran 50 Kg pelaku bisa mendapatkan untung sebesar Rp 60 ribu.

Selain tabung dan peralatan untuk mengoplos gas elpiji, petugas juga mengamankan pemilik gudang, Roni Hidayat dan Tejo yang mana keduanya masih merupakan saudara kakak adik. Polisi kemudian memasang police line atau garis polisi di sekitar gudang pengoplos elpiji mili dua bersaudara tersebut.

Di lokasi penggerebekan, polisi juga berhasil mengamankan beberbapa karyawan yang sedang bekerja mengoplos gas. Pengirim orderan elpiji oplosan ini juga tidak luput dijiduk oleh petugas.

Pemiliki usaha pengoplos elpiji, Roni mengaku telah menjalankan bisnis elpiji oplosan ini sejak 8 bulan yang lalu dan memiliki 8 karyawan yang bekerja untuknya. Menurut penuturanya, elpiji oplosan ini kemudian mereka pasarkan ke daerah sekitar Sidoarjo, Mojokerto hingga Surabaya.

Salah satu karyawan gudang pengoplos elpiji mengaku, praktek mengoplos gas elpiji ini dilakukan dengan cara tabung gas dengan ukuran 3 Kg dipompa atau disuntikan ke dalam tabung gas yang berukuran 12 Kg dan 50 Kg.

Aksi pengoplos elpiji ini tidak dibenarkan sebab gas elpiji yang mendapatkan subsidi dari pemerintah adalah yang disimpan pada tabung berukuran 3 Kg. elpiji 3 Kg ini memang disubsidi karena diperuntukan untuk masyarakat kalangan bawah.

Leave a Reply