Home >> Berita Jatim >> Belum Setahun, Tol Joker Rusak

Belum Setahun, Tol Joker Rusak

Tol Jombang Mojokerto atau biasa dikenal tol Joker merupakan jalur alternative untuk menghindari kemacetan dibeberapa titik sepanjang jalan raya jombang mojokerto. Jalan tol ini sekaligus bisa memangkas waktu tempuh yang lebih cepat baik dari arah Jombang – Mojokerto maupun sebaliknya. Masyarakat sangat berharap tol ini nantinya bisa sangat membantu untuk membuat perkonomian makin lancar dan juga kepadatan kendaraan di sepanjang jalan Jombang – Mojokerto juga bisa menurun.

Tol Joker memiliki panjang 14,7 Kilometer. Pada awalnya tol ini dikenal sebagai tol Kertosono –Mojokerto tetapi tol ini kemudian berganti nama menjadi tol Jombang – Mojokerto atau tol Joker. Tol ini diresmikasn oleh Menteri PU, Joko Kirmanto pada Senin (13 / 10 / 2014).

Belum genap setahun setelah diresmikan, tol Joker ternyata sudah mengalami kerusakan di sejumlah titik. PT Marga Harjaya Infrastruktur (MHI) mengakui adanya kerusakan pada seksi I tol Joker ini. Namun mereka telah melakukan perbaikan di sejumlah titik agar jalan tersebut sesuai dengan standart yang telah ditentukan.

Perbaikan tol dilakukan bukan karena ada kesalahan saat pembangunan tetapi perbaikan tersebut dimaksudkan untuk membuat jalur bebas hambatan ini semakin nyaman untuk dilewati. Jadi bukan karena rusak tetapi lebih menyempurnakan kondisi jalan supaya lebih mulus saat dilalui.

Dari hasil pantuan, perbaikan jalur tol Joker dilakukan dari Jalur yang membentang di kecamatan Tembelang hingga kecamatan Bandar Kedungmulyo. Perbaikan dilakukan di sejumlah titik mulai dari jalur beberapa meter setelah pintu masuk tol di kecamatan Tembelang hingga kilometer 37 di kecamatan Bandar Kedungmulyo. Di beberapa titik ada pula jalan yang konstruksinya dari beton cor dibongkar ulang oleh petugas terkait.

Pihak pembangun tol sendiri mengaku selalu melakukan pengecekan rutin setiap minggunya. Apabila mereka mengetahui ada kondisi jalan yang harus diperbaiki maka mereka selanjutnya akan melakukan perbaikan. Hal itu dimaksudkan agar perawatan terhadap jalur cepat tersebut bisa semaksimal mungkin.

Pihak pembangun tol menargetkan untuk melakukan perbaikan pada ruas jalan tol Joker seksi I ini untuk segera diselesaikan. Tujuanya supaya pada arus mudik lebaran nanti, pengguna jalan tol akan merasa nyaman ketika melintasi jalur tol Joker.

Leave a Reply