Home >> Berita Jatim >> Bayi Kembar Lima Lahir di Bulan Ramadhan

Bayi Kembar Lima Lahir di Bulan Ramadhan

Bulan ramadhan bulan yang membawa berkah. Berkahnya bulan ramadhan ini juga dirasakan oleh pasangan suami istri Hari Saputra dan Aniyah Rahmawati, warga komplek perumahan TNI Al Kenjeran, Malang. Kedua pasutri ini dikaruniai lima bayi kembar di bulan ramadhan ini.

Untuk membantu proses kelahiran bayi kembar lima ini, sebanyak enam dokter spesialis ikut diturunkan. Untuk proses persalinan ditangani oleh Dr. Relly Yanuari Primariawan. Sementara kelima dokter yang lain , Dr Martono, Dr Achmad Yanuar Heryana, Dr Dina, Dr Yuri, dan Dr Barlian masing – masing menangani bayi kembar lima tersebut.

Bayi kembar lima tersebut lahir secara premature. Hal ini karena usia kandungan sang ibu saat melahirkan baru 32 minggu. Sementara untuk usia kelahiran yang ideal bagi ibu untuk melahirkan adalah 37 minggu.

Kelahiran bayi kembar lima di bulan ramadhan ini dilakukan lewat proses operasi. Sebab, kondisi sang ibu dengan lima bayi di dalam perutnya menyebabkan sang ibu sesak napas. Oleh karena itu tim dokter memutuskan untuk melakukan operasi.

Rata – rata berat badan bayi kembar lima tersebut adalah 1,2 kilogram. Dari kelima bayi tersebut, tiga diantaranya masih ditempatkan di ruang neonates Intesive Care Unir (NICU) gedung bedah pusat terapadu (GBPT). Sementara dua bayi lainya ditempatkan di ruang nenatus instalasi rawat darurat (IRD) karena kondisinya yang lebih stabil dari pada ketiga bayi lainya.

Anak adalah berkah dan titipan sang maha kuasa yang harus dijaga. Begitu pun dengan bayi kembar lima tersebut. Dengan hadirnya bayi kembar lima yang dikandung oleh Aniyah Rahmawati sungguh suatu anugrah bagi keluarga kecil mereka.

Ada cerita menarik dibalik lahirnya lima bayi kembar ini. Sang ibu mengaku setelah lima tahun tidak dikaruniai anak, dia melakukan inseminasi atau bayi tabung. Sebenarnya dua tahun yang lalu, dia pernah memiliki anak namun anaknya tersebut meninggal dunia. Kini dia dikaruniai anak lagi. Bukan cuma seorang bayi, tetapi langsung lima bayi sekaligus di percayakan kepadanya. Lima bayi kembar tersebut, empat diantaranya berjenis kelamin laki – laki dan satu lagi berjenis kelamin perempuan.

Leave a Reply